Sukses

Anak Sulit BAB Setelah Diare
03 Nov 2016, 12:51 WIB
Pria, 36 tahun.

Dok saya mau tanya, anak saya berumur 16 bulan terkena disentri, setelah berobat kok ini sudah 3 hari tidak BAB ya? Apakah ini normal? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sulit BAB karena konsistensinya yang lebih keras disebut juga dengan konstipasi, dalam istilah awam dikenal dengan sembelit. Konstipasi/sembelit adalah keadaan jarangnya frekuensi buang air besar (BAB), penurunan frekuensi gerakan usus, BAB keras dan sulit. Jika BAB keras dipaksakan dengan cara mengedan maka dapat terjadi iritasi pada daerah sekitar lubang dubur sehingga dapat timbul perdarahan.

Konstipasi pasca meminum obat antidiare memang kerap kali terjadi. Pada umumnya penyebabnya adalah pada kesalahan dosis. Namun, untuk mengatasinya bukan berarti harus segera mengkonsumsi obat laksatif atau pencahar

Hal yang Anda perlu lakukan saat ini adalah mencegah terjadinya konstipasi :

  • Makan makanan yang tinggi kadar seratnya. Makanan yang mengandung banyak serat, akan membantu tubuh membentuk tinja yang lebih lunak. Jenis makanan tersebut, diantaranya adalah kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Hindari atau kurangi makanan yang tidak atau hanya sedikit mengandung serta, seperti keju, daging, dan makanan yang mengalami pemrosesan (misalnya diasap). Sebaiknya  jumlah konsumsi makanan tinggi serat ini dilakukan secara bertahap, awalnya hanya sedikit, lalu ditingkatkn sedikit-sedikit. Hal ini perlu dilakukan karena jka saluran cerna belum terbiasa dengan serat yang dimakan, justru akan menimbulkan keluhan kembung
  • Asupan cairan yang cukup. Minum air atau cairan lain dalam jumlah cukup akan membantu melunakkan tinja

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar