Sukses

Demam Naik Turun 3 Hari Pada Anak

03 Nov 2016, 20:02 WIB
Wanita, 7 tahun.

Anak saya panas senin siang 39°,mlm 38.1° bsk paginya stlh diberi parasetamol normal, lalu panas lg rabu siang 38,4° lalu mlmmya 37.6°.saya harus bagaimana dg kondisi spt itu? Apa hrs cek darah at tdk. Biasanya cek darah kl panasnya 3hr berturut-turut.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami menjelaskan sekilas mengenai demam.  Demam merupakan mekanisme normal oleh tubuh saat tubuh ingin melawan benda asing seperti bakteri, virus dan lainnya.  Suhu normal manusia adalah sekitar 36,5-37,5' C. Suhu anak Anda yang sudah mencapai 39 C harus diwaspadai karena artinya demam tinggi dan harus segera diturunkan dengan cara apapun. Selain menggunakan obat-obatan, Anda juga dapat mengompres seluruh badannya (tidak hanya kepala) dengan air hangat. Namun, kompres harus diperas dan direndam di air hangat kembali secara teratur. Tidak boleh hanya ditinggal begitu saja karena jika ditinggal terlalu lama akan menjadi dingin.

Pada anak Anda demam sudah terjadi selama 3 hari, demam yang terjadi selama 3 hari atau lebih memerlukan evaluasi yang lebih ketat karena kemungkinan besar terdapat infeksi yang perlu diatasi. Selain itu juga Anda perlu mengetahui hal-hal yang terkait dengan kondisi anak Anda saat ini seperti "Apakah demam disertai dengan gejala lain?" Sepert gangguan pencernaan(diare atau konstipasi), gangguan pernafasan(batuk, pilek,sesak nafas), gangguan pada telinga(keluar cairan ataupun darah dari telinga), nyeri saat buang air kecil dan sebagainya. Pada demam yang sumber penyebabnya tidak diketahui, biasanya dokter akan menganjurkan pemeriksaan darah.

Sulit bagi kami untuk mendiganosa demam pada anak Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung mengingat banyaknya penyebab demam, bila disebabkan oleh infkesi pun bisa infeksi virus, bakteri, jamur. Oleh karena itu, kami anjurkan Anda untuk mengkonsultasikan kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan wawancara medis yang lebih mendalam dan pemeriksaan penunjuang yang diperlukan demi tercapainya pengobatan yang optimal.  

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga benrmanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar