Sukses

Mengatasi Batuk Akibat Infeksi Tenggorokan pada Anak

03 Nov 2016, 12:40 WIB
Wanita, 27 tahun.

Salam... Sy ingin brtanya, gmn cara atasi sakit batuk pd anak? Krna kbtulan anak sy sakit batuk & dr diagnosa dokter ada infeksi pd bgian tenggorokannya. Bhkn mmg sempat timbul benjolan di bagian lehernya. Mnurut dokternya sih gk apa", pdhl efeknya bsr jg loh krna anak sy gk mau mkn (max 2-3 sendok/hr), minum susu jg stengah botol aj yg dihabisin, susah tdr krna batuknya brlendir. Kira-kira kalo kyak gt, gmn ych cara mngatasinya? Mohon share.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Doter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Benjolan pada leher anak Anda dapat berupa kelenjar getah bening yang memang akan membesar jika terdapat proses infeksi yang menunjukkan bahwa tubuh anak Anda sedang berusaha melawan infeksi tersebut, Anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Tentunya bila sedang mengalami infeksi/radang pada daerah tenggorokan anak akan menjadi tidak nyaman untuk menelan makanan/ minuman. Namun, hal tersebut akan membaik seiring kesembuhan anak. Coba berikan makanan dengan konsistensi halus seperti bubur agar anak lebih mudah menelannya. 

Pastikan anak beristirahat yang cukup, banyak minum air putih, makan makanan dengan nutrisi cukup dan mengandung vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan makanan seperti jahe, kencur dan omega 3 juga memiliki efek anti radang. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghindari asap rokok.

Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek sehingga terasa lebih nyaman. Anda juga dapat mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada dada anak Anda sehingga anak terasa lebih nyaman dan hangat. Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan berAC (kering).

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain. Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

Jika keluhan batuk pada anak Anda tidak sembuh setelah obat yang diberikan habis atau batuk memburuk disertai demam tingg dan sesak napas maka kami sarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter anak yang menangani agar dapat dilakukan evaluasi pengobatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

salam

0 Komentar

Belum ada komentar