Sukses

ASI Campur Sufor, Amankah?

03 Nov 2016, 11:56 WIB
Wanita, 0 tahun.

asi campur sufor amankah?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Air susu ibu (ASI) merupakan asupan gizi terbaik bayi hingga berusia 6 bulan. Prioritaskan untuk tetap memberikan ASI ekslusif sebagai pilihan utama, dapat diberikan dengan menyusui langsung atau memerah ASI. Namun, bila tidak dapat memberikan ASI eksklusif maka Ibu jangan berkecil hati, ibu dapat memenuhi nutrisi dengan menambahkan susu formula. hal tersebut sah-sah saja.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan timbulnya alergi pada anak dari susu formula. Anak yang tidak mendapatkan ASI memang lebih berisiko untuk mengalami alergi susu sapi dibandingkan anak yang mendapatkan ASI ekslusif.   Anak yang alergi susu sapi jika dipaksa untuk mengonsumsi makanan yang memicu alerginya (susu formula biasa) akan mengalami reaksi alergi yang terus menerus. 

Jika Anda memberikan ASI berselang-seling dengan susu formula sebaiknya perhatikan apakah terdapat tanda-tanda alergi pada anak Anda seperti Gejala klinis alergi susu sapi pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan dalam bentuk muntah, diare berlanjut yang kadang dapat disertai darah, serta konstipasi atau sembelit (50 - 60%). Gejala klinis lain dapat terlihat pada kulit dan saluran napas. Pada kulit dapat terlihat merah-merah pada kedua sisi pipi bayi. Jika tidak ada maka dapat Anda lanjutkan pemberiannya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

salam

0 Komentar

Belum ada komentar