Sukses

Berhubungan Seksual dengan Orang HIV Positif

02 Nov 2016, 23:10 WIB
Pria, 39 tahun.

saya mau tanya cara berhubungan orang yg mengidap HIV dok, apakah boleh, maaf dok, berciuman bibir, nenen dan menjilat-jilat tapi tetap memakai kondom? dan apakah bisa beresiko tertular terhadap pasangan nya? makasih sebelum nya dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Secara umum, penularan virus HIV adalah melalui cairan tubuh (darah, air mani, dan cairan vagina). Penularan dapat terjadi dari hubungan seksual, dari ibu ke anak saat kelahiran, atau tertusuk jarum suntik yang sudah digunakan untuk seseorang yang HIV positif (umumnya pada staf medis).

Penularan virus HIV melalui hubungan seksual yang paling sering adalah setelah hubungan seksual vaginal dan anal yang tidak menggunakan kondom. Namun, juga terdapat risiko penularan yang lebih kecil dengan melakukan hubungan seksual oral tanpa pengaman. Menggunakan kondom mengurangi risiko penularan berkali-kali lipat, dan walaupun risiko penularan menjadi sangat rendah, hal ini tetap tidak menutup kemungkinan terjadinya penularan.

Para pakar dari CDC dan WHO menyepakati bahwa virus HIV tidak ditularkan melalui saliva atau air liur. Namun, berciuman bibir dengan mulut terbuka masih memiliki risiko untuk menularkan virus HIV apabila terdapat gusi berdarah, luka, sariawan pada kedua pasangan.

Mengonsumsi obat HIV secara rutin pada pasangan yang HIV positif dapat menurunkan risiko penularan kepada pasangan yang HIV negatif. Selain itu, di banyak negara saat ini sudah disarankan untuk mengonsumsi pre-exposure prophylaxis (PrEP) pada individu HIV negatif yang berhubungan seksual dengan individu HIV positif, yang merupakan pengobatan untuk mengurangi risiko tertularnya virus HIV. 

Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter guna membahas pilihan-pilihan yang paling sesuai untuk Anda dengan lebih detil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Medis KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar