Sukses

Lupa Minum Pil KB, Kemungkinan Hamil?

02 Nov 2016, 15:45 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dokter sy mau tnya, sy sdg konsumsi pil kb saat haid dgn pil placebo nya dan sy lanjutkan sesuai ptunjuknya. Dan sy lupa minum pil saat sy berhubungan dgn suami dan dikeluarkan didalam. Tp keesokan harinya sy kluar darah sprti haid smpai skr sy blm mlnjutkan konsumsi pil kb nya. Apakah nantinya sy hamil? Sy haid tgl 17 dan berhubungan dgn suami ygl 31 esoknya lgs kluar darah sprti haid tnpa nyerii sampai hr ini tgl 2 dan sy blm minum pil nya dok. Ini knapa ya dok?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Pil KB yang dikonsumsi setiap sebulan sekali memiliki kandungan dua jenis hormon, yaitu estrogen dan progestin. Pil KB kombinasi tersebut harus dikonsumsi pada waktu yang sama setiap hari. Pil terdapat dalam 1 paket yang terdiri dari pil hormonal (warna kuning) dan pil pengingat (warna putih). Umumnya pil hormonal terdapat sebanyak 21 butir, sedangkan pil pengingat terdapat sebanyak 7 butir, sehingga semuanya berjumlah sebanyak 28 butir.  Jika Anda lupa mengonsumsi satu atau lebih tablet selama lebih dari 12 jam, maka perlindungan kontrasepsi menjadi menurun, dan kemungkinan untuk hamil menjadi meningkat apalagi jika tidak menggunakan kontrasepsi tambahan lain seperti misalnya kondom ketika berhubungan. Berikut beberapa aturan yang harus Anda lakukan jika lupa meminum pil KB tersebut:

  • Bila lupa minum 1 butir pil hormonal (berwarna kuning) maka harus minum 2 butir pil hormonal segera setelah Anda mengingatnya
  • Apabila lupa meminum 2 butir atau lebih pil hormonal (berwarna kuning), maka dalam 7 hari gunakan kondom apabila melakukan hubungan seksual atau hindari hubungan seksual selama 7 hari
  • Apabila lupa meminum 1 butir pil pengingat (berwarna putih) maka buang pil pengingat yang terlupakan

Pada kasus Anda, darah yang keluar kemungkinan darah haid apabila itu sesuai dengan riwayat siklus Anda. Apabila tanggal keluarnya darah sesuai dengan perkiraan haid Anda, kemungkinan memang itu haid. Tetapi bila tidak, bisa merupakan efek samping dari pil KB (breakthrough bleeding).

Kemungkinan hamil masih ada apabila itu bukan darah haid. Karena itu, sebaiknya test pack dulu bila di bulan berikutnya Anda mengalami telat haid. 

Bila Anda tidak yakin sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda, apakah sebaiknya pil KB tersebut dilanjutkan bila ada kemungkinan hamil (sekalipun belum diketahui).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar