Sukses

Penyakit Mag dan Golongan Darah

02 Nov 2016, 15:26 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat siang dok, saya mau tanya seputar lambung dan maag. Apakah benar golongan darah berpengaruh terhadap rentannya seseorang terhadap penyakit maag? Kalau iya, golongan darah apa yang paling rentan? Kalau tidak, boleh tau alasannya? Mohon jawabannya. Terima kasih dok

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Hubungan antara penyakit mag (gastritis) dengan golongan darah sudah banyak diteliti. Penelitian masih bersifat pro dan kontra dan belum ada konsensus yang menyatakan bahwa kedua hal ini berhubungan.

Penyakit mag atau gastritis merupakan peradangan lambung yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Yang terkait dengan golongan darah adalah peradangan lambung yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Bakteri ini disebarkan melalui feces/tinja maupun dari makanan/minuman yang terkontaminasi kuman tersebut. 

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa golongan dari O paling rentan mengalami infeksi H. pylori, sedangkan golongan darah AB paling sulit terinfeksi. Hal ini disebabkan karena golongan darah O mengeluarkan penanda yang membuat kuman ini menginfeksi lambung. Namun, perlu diketahui bahwa seseorang bisa tetap memiliki kuman ini di dalam lambungnya tanpa mengakibatkan peradangan lambung (sakit mag yang sesungguhnya).

Demikian informasi yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar