Sukses

Bila Orangtua Sering Bertengkar

02 Nov 2016, 14:39 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya sering mendengar orang tua saya bertengkar sejak kecil. Kadang kali terdengar di telinga saya bahwa mereka akan berpisah. Waktu saya kecil pernah juga di marahi oleh ibu dengan bahasa kasar atau binatang. Dan saat saya dewasa sekarang saya lebih nyaman dengan ibunya teman saya. Apa hal itu bagian dari pengaruh saya pernah di marahi dengan bahasa yang kasar? Dan apa dampak psikologis untuk saya yg sering mendengar pertengkaran orang tua. Terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Secara psikologis, pertengkaran orangtua di depan anak akan berdampak pada kesehatan mental anak di kemudian hari. Dan bila terjadi trauma umumnya akan membekas sampai anak tersebut beranjak dewasa.

Diketahui bahwa 90% sikap atau karakter anak dipengaruhi oleh karakter orangtuanya dan bagaimana kedua orangtua saling bersikap satu sama lain. Bila anak-anak sering melihat kedua orangtua bertengkar, di masa dewasa mereka mungkin menjadi ragu akan kebahagaian dan kedamaian yang dijanjikan melalui ikatan perkawinan. Seseorang bisa menjadi takut untuk menikah karena tidak ingin menjadi seperti kedua orangtuanya. 

Efek lain adalah seseorang menjadi individu yang minder dan kurang percaya diri, berpotensi mengalami depresi, hidup dalam suasana takut, tumbuh menjadi individu yang agresif, mudah emosi, dan temperamen, atau mencari pelampiasan lain untuk menyenangkan dirinya (misalnya jatuh ke dalam kebahagiaan yang semu melalui narkoba atau seks bebas). 

Untuk kasus Anda, bila saat ini Anda nyaman dengan ibu teman Anda, itu merupakan salah satu kompensasi psikologis yang 'normal' sebab selama ini Anda tidak mendapatkan kasih sayang yang seharusnya dari ibu Anda. Saran kami, berdamailah dengan ibu Anda bila saat ini masih ada yang mengganjal. Memang tidak mudah untuk dilakukan tetapi bila Anda dapat memaafkan dan 'melupakan' hal yang terjadi di masa lalu, akan lebih mudah bagi Anda untuk melangkah dan melihat hal-hal positif di masa depan.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar