Sukses

Flek dan Cairan di Paru Kiri

02 Nov 2016, 12:54 WIB
Pria, 20 tahun.

Pagi dok, sudah 3 bulan ini saya sering sakit dada kiri saat menarik nafas panjang atau saat menguap rasanya nafas saya tidak lega lalu ketika tertawa lepas saya merasa seperti ada lubang di paru saya. Memang satu tahun yg lalu saya difonis tbc dari hasil rotgen tapi saat di cek ternyata tidak dan dokter bilang ada flek sera cairan di paru kiri saya.. Pertanyaan saya apa langkah terbaik untuk pulihkan kondisi saya terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Flek paru biasa dikenal dalam bahasan medis sebagai tuberkulosis paru. Apakah pemeriksaan dahak juga menyatakan negatif TBC?

Keluhan nyeri dada saat menarik napas yang Anda keluhkan kemungkinan besar berkaitan dengan adanya cairan di paru-paru Anda yang dikenal dalam istilah medis sebagai efusi pleura. 

Efusi pleura menandakan adanya cairan pada selaput pembungkus paru atau pleura Anda.  Cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru seperti TBC ataupun infeksi bakteri, jamur lainnya, selain itu adanya cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh kanker atau gagal jantung. Jadi perlu diketahui dahulu penyebab cairan tersebut apa. 

Pada penderita efusi pleura, salah satu penanganannya adalah dengan pengambilan cairan pleura berfungsi untuk mengurangi gejala. Namun yang paling penting adalah mengambil cairan dan memeriksakannya ke laboratorium untuk mengetahui penyebab penyakit yang menimbulkan efusi pleura. K

Pada kasus Anda, perlu diketahui berapa banyak jumlah cairan pada pleura Anda. Perlu Anda ketahui, apabila diharuskan untuk dilakukan penyedotan cairan, pengambilan cairan pleura hanya diperbolehkan sekitar 1000-1500cc per harinya. Hal ini untuk menghindari perlekatan antar pleura dan mencegah terjadinya perubahan tekanan paru yang dapat mengakibatkan penyakit paru lainnya lagi (seperti pneumothorax).

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis paru untuk memastikan kembali penyakit dasar dari efusi pleura Anda. Apabila jumlah cairan pada pleura Anda sedikit, maka cairan tersebut dapat terserap sendiri apabila dilakukan pengobatan yang sesuai dengan penyakit dasar tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar