Sukses

Keluar Darah Saat Berhubungan Badan

02 Nov 2016, 21:34 WIB
Wanita, 0 tahun.

selamat mlm dok.. dok saya mw tanya.. kenapa y sblm tgl haidna klo di buat berhub selalu keluar darah.. tp stlah itu tdk berdarah lagi.. apa rahim ato v nya bermasalah dok.. bagaimana mengatasi supaya tdk terjdi apa2.. terima kasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Keluarnya darah dari vagina saat berhubungan bisa memiliki berbagai makna, dan sering diartikan sebagai robeknya selaput dara. Namun mengingat anda sudah pernah melahirkan, darah tersebut bukanlah berasal dari selaput dara yang robek. Penyebab yang masih mungkin dipikirkan adalah apabila terbentuk luka pada dinding vagina atau mulut rahim anda akibat gesekan atau gerakan yang terlalu kuat. Luka ini pula yang kemudian menyebabkan timbulnya keluhan nyeri atau perih pada vagina ketika buang air kecil. Selain itu, anda juga mengeluh buang air kecil tidak tuntas. Keadaan-keadaan ini juga bisa timbul sebagai gejala infeksi saluran kemih. Sumber infeksinya bisa berasal dari kuman vagina (mengingat letak keduanya yang berdekatan) atau alat yang dipakai saat berhubungan (termasuk jari tangan pasangan anda). Kemudian anda menjelaskan bahwa timbul semacam bintil gatal kecil di mulut vagina anda dengan bau yang agak tidak sedap. Sebelum menjelaskan lebih lanjut, saya ingin melakukan konfirmasi:

  • Apakah bintil tampak seperti jerawat, kutil, jengger ayam, atau gelembung kecil yang berkelompok?
  • Apakah bintil tersebut mengeluarkan nanah?
  • Apakah terasa nyeri?
  • Apakah disertai gejala keputihan? Jika iya, bagaimana warna, bau, dan konsistensinya?
  • Apakah disertai keluhan lemas, demam, dsb ?
  • Apakah pasangan anda pernah mengeluhkan hal yang sama ?

Idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut disertai pemeriksaan fisis langsung untuk mengetahui dengan jelas gambaran bintil yang anda maksud. Masih terlalu cepat untuk mengatakan diagnosis penyakit anda berdasarkan informasi yang masih terbatas. Namun bila ditanya mengenai berbagai kemungkinannya (bahkan yang terburuk sekalipun), keluhan ini bisa saja merupakan keluhan infeksi menular seksual, termasuk di dalamnya adalah virus herpes simpleks (HSV) dan virus human papiloma (HPV). Saran saya sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut. Dan mengingat anda cukup aktif secara seksual, pemeriksaan papsmear secara berkala penting dilakukan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar