Sukses

Keluar Cairan Putih Pada Telinga

02 Nov 2016, 21:27 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya ingin bertanya tentang gangguan telinga yg sdang saya alami. Awalnya saya kira sejenis serangga kecil masuk di telinga kanan saya , akhirnya saya bersikan dengan cotton bud, namun kotoran telingan saya berwana hitam, lama kelamaan telinga saya serasa tersumbat & berdengung kemudian tiba* keesokan harinya setelah bangun tidur , ada cairan berwana putih keluar dari telinga saya, dan cairan ini sudah keluar setiap hari setelah saya bangun tidur dok. Kira* bgaimna dok ? Terima kasih sebelumnya

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Nampaknya anda di awal menderita serumen prop akibat adanya benda asing berupa serangga. Penggunaan cotton bud sudah tidak direkomendasikan lagi. Kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya dibarengi dengan gerakan mengunyak, jika sudah terlihat jelas anda baru boleh menggunakan cotton bud. Namun, jika kotoran tidak jelas terlihat, di khawatirkan anda bukan nya membersihkan tetapi membuat kotoran tersebut lebih dalam lagi.

Telinga yang mengeluarkan cairan berwarna kuning seperti itu, biasanya diikuti rasa sakit, dan itu merupakan gejala adanya infeksi di dalam telinga. Penyebab dari infeksi tersebut juga beraneka ragam, yang tersering disebabkan karena penyakit flu yang mungkin sering terjadi pada Anda. Dan untuk mengetahui dengan pasti penyebab dan terapinya memang harus diperiksa oleh dokter Telinga Hidung Tenggorokan yang memang sudah spesialisnya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar