Sukses

Arsen Apakah Bikin Saraf Gigi Mati Seluruhnya?

02 Nov 2016, 23:35 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam dok, Gigi no 4 saya berlubang ( tidak pernah sakit sama sekali ), saya berniat untuk menambalnya, dokter memberikan arsen dan menambalnya sementara (warna merah muda) dan datang kembali 3 hari lagi, pertanyaan saya dok, apakah arsen tersebut akan mematikan seluruh saraf gigi no 4 saya, dan apakah hal tersebut merugikan saya mengingat gigi saya tersebut tidak pernah sakit, mohon jawabannya dok, terimakasih :)

Halo Putra,

Kami memahami kekhawatiran anda. Gigi yang berlubang memang harus segera dilakukan penambalan gigi. Arsen adalah obat yang digunakan untuk mematikan saraf gigi apabila hendak dilakukan perawatan saraf gigi. Apabila arsen diletakkan di dalam kavitas gigi, dekat dengan kamar saraf atau kamar saraf sudah terbuka maka dapat mematikan seluruh saraf gigi tersebut. Jika peletakkan arsen masih terlapisi dentin yang tebal maka bisa jadi hanya sebagian saraf yang mati dalam gigi tersebut. Tentunya terrdapat beberapa pertimbangan bagi dokter gigi untuk menggunakan arsen. Bisa jadi lubang gigi anda sudah sampai dibawah gusi sehingga jika dilakukan penambalan sinar  maka nantinya berpotensi untuk terjadi kebocoran tambalan dan sekunder karies. Oleh karena itu dokter gigi memutuskan untuk melakukan perawatan saraf. 

Jangan lupa untuk kembali ke dokter gigi anda agar dapat melanjutkan perawatan gigi. Diskusikan tentang tahap-tahap perawatan gigi yang akan anda jalani. Dan tentunya mencegah sakit gigi jauh lebih baik dibanding mengobati gigi yang sudah terlanjur sakit.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam, 

 

0 Komentar

Belum ada komentar