Sukses

Porsi Makan Bayi 9 Bulan

01 Nov 2016, 14:35 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat pagi klikDOKTER, saya punya bayi usia 9 bulan,bagaimana ya mengatur takaran porsi makan yang benar untuk usianya??biasa saya beri stu mangkuk bayi full dan habis, trus bagaimana mengukur kebutuhan asupan makanannya?bayi saya beratnya 9kg. Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda sebagai sumber informasi kesehatan utama dan terpercaya.

Apakah buah hati Anda masih mengonsumsi ASI? Selain ASI,  pada anak usia 9 bulan ke atas Anda memang sudah mulai dapat memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dari mulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring. MPASI seperti apa yang biasanya mau dikonsumsi oleh anak Anda?

Berat badan bayi Anda sebetulnya sudah sesuai dengan usianya. Jadi sebetulnya pori makan yang selama ini Anda berikan sudah tepat. 

Ketika Anda sudah mulai menambahkan makanan pendamping ASI, garam dan gula sudah boleh mulai ditambahkan agar anak mulai belajar mengenal rasa. Tentu saja dengan takaran yang disesuaikan dengan porsi anak. Sedangkan untuk penyedap rasa sebaiknya tidak diberikan pada anak.

Jangan putus asa untuk memberikan berbagai variasi MPASI untuk si kecil. Jika masih dimuntahkan bisa disebabkan karena si kecil sedang dalam masa beradaptasi. Cobalah berbagai kombinasi untuk menemukan makanan yang ia suka. Cobalah untuk memberikan dalam jumlah sediki-sedikit.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses artikel-artikel berikut ini:

Jadwal Makan Bayi

Jenis-Jenis Makanan Bayi

Panduan Makan Bayi

Semoga si kecil tumbuh sehat dan kuat!

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam keluarga sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar