Sukses

Polip Endometrium dan Bisa Hamil?

01 Nov 2016, 15:58 WIB
Wanita, 35 tahun.

Saya mau tanya Cara Pengobatan utk Polip Endometrium Tipe Hiperplastik n Bs hamil tdk ? Saya sdh menikah 9 th.Saya haid sdh hampir 5 bln, melet2 kadang bnyk, paling stop cuma 1 atw 2 hr lalu haid lg. Tgl 11 feb 2016 saya d curetase. Hasil Trombosit 364.000. Dr 150.000-350.000. Suami saya test sperma hasilnya: Oligozoospermia. Thanks dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Polip endometrium adalah pertumbuhan lapisan endometrium yang berlebihan. Bentuk dari polip endometrium berbagai macam, ada yang bertangkai, dan dapat tumbuh besar sampai menjulur ke luar rahim.

Polip dapat berukuran beberapa milimeter sampai sangat besar. Pertumbuhan polip pun tentunya tidak tiba-tiba langsung besar. Membutuhkan waktu beberapa bulan sampai beberapa tahun untuk membesar, atau ada yang tetap berada pada ukuran awal dan tidak membesar.

Mungkin saja pada pemeriksaan pertama polip tersebut belum tumbuh atau sudah ada namun berukuran sangat kecil sehingga tidak terdeteksi melalui pemeriksaan USG. Waktu 6 tahun merupakan waktu yang cukup bagi polip untuk berkembang (seandainya memang baru tumbuh dalam 6 tahun terkahir).

Salah satu cara untuk mengangkat polip endometrium adalah dengan tindakan operatif. Untuk kemungkinan hamil atau tidak bergantung dari ukuran dan letak polip tersebut. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan guna dilakukan pemeriksaan fisis untuk menentukan diagnosis yang tepat dan tatalaksana yang paling sesuai untuk Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar