Sukses

Bintil di Bibir Vagina

01 Nov 2016, 11:12 WIB
Wanita, 16 tahun.

Jadi begini dok. Saya prnh melakukan hub seks dgn pacar saya. Setelah berjalan bbrp bulan saya merasakan ada bintil2 merah di area bibir vagina saya dan terasa nyeri sekali, dan msh byk lagi kejadian2 lainnya. Jika dilihat dari ciri2 nya, sepertinya saya terkena condyloma. Sebelumnnya saya blm prnh melakukan hub seks dgn siapapun kecuali dgn pacar saya ini, jd jikalau saya tertular, pasti dari pacar saya. Tapi yg jadi pertanyaanya adl saya tdk melihat ada tanda2 condyloma pada pacar saya dok. Dia nampak sehat2 saja. Bagaimana bisa begitu ya dok? Dan kalau saya baca di internet operasi pun hanya bisa merontokkan kutilnya saja, tetapi tdk dgn virusnya sehingga sewaktu waktu bisa kambuh lagi. Jadi apakah penyakit ini tdk bisa sembuh secara total?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa gatal dan juga dapat menyebabkan keluhan keputihan. Infeksi melalui kontak langsung dengan jari juga dapat terjadi namun diperlukan sumber infeksi (virus) tersebut yang biasanya didapatkan dari orang yang menderita penyakit ini.  Seseorang yang terinfeksi virus ini juga dapat tidak menimbulkan gejala (berada dalam fase laten) sehingga meskipun tidak memberikan gejala kutil kelamin namun dapat menularkan virus ini pada pasangan seksualnya.

Hal-hal yang merupakan faktor risiko untuk meningkatkan kejadian adalah merokok, penggunaan kontrasepsi oral, hubungan seksual dengan partner multipel, dan hubungan seksual pada usia muda.

Belum ada penelitian yang menunjukkan tingkat keefektifan terapi kutil kelamin dalam mencegah penularan virus HPV. Namun, jika tumbuhnya kutil tersebut telah mengganggu Anda maka kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada kutil, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar.

Lebih tepatnya lagi, Anda memang perlu mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk pemeriksaan langsung untuk memastikan diagnosis dari keluhan Anda. Penanganan tepat baru dapat diberikan setelah diagnosis ditegakkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.   

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar