Sukses

Madu Untuk Masker

30 Oct 2016, 21:37 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok syaa mau madu tj itu klo diolesin dimuka boleh gk sih?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Mencuci muka dengan bahan tradisional sudah banyak digunakan kini. Banyak sekali pengobatan tradisional yang dapat mmeberikan efek yang menyehatkan bagi kulit. Jeruk nipis, madu merupakan beberapa contoh yang baik untuk kesehatan. Namun jika Anda bertanya apakah sudah ada bukti ilmiah dari berbagai pengobatan tradisional yang pasti menyokong penggunaannya, bukti ilmiahnya emang masih belum banyak. Anda perlu memerhatikan agar penggunaan masker ini tidak menyebabkan gangguan seperti kulit kemerahan, gatal dan sakit. Namun untuk menambah wawasan Anda tentang perawatan wajah, kami lampirkan artikel berikut ini:

Perawatan Wajah Berdasarkan Metode

Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker:

1. Masker untuk kulit normal

Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat.

2. Masker untuk kulit kering

Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang mengandung zat tepung.

3. Masker untuk kulit berminyak

Jjeruk peras, jeruk nipis, dan nenas dapat dimanfaatkan untuk masker bagi jenis kulit berminyak. Selain buah-buahan, dapat pula membuat masker dari madu, putih telur atau kuning telur. Pada beberapa artikel disebutkan bahwa madu merupakan antibakteri dan antiradang yang dapat juga diterpakan di kulit. Pada jaman Yunani kuno, untuk kebersihan kulit madu dicampur dengan susu atau lemon untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan mulus. 

Cara penggunaan masker

Masker dioleskan pada wajah dan leher dengan gerakan ke arah samping wajah atau ke atas, rata dan sama tebalnya. Hindari gerakan pengolesan kearah turun maupun melintang kearah hidung, dengan demikian masker akan semakin mudah terserap oleh pori-pori wajah. Hindari bagian mata dan lubang hidung serta mulut. Pada saat pemakaian masker jangan sambil berdiri, duduk atau berjalan-jalan, tetapi usahakan dengan posisi tidur dan dalam keadaan rileks.

Lamanya penggunaan masker yang baik kira-kira 10-15 menit sambil ditunggu mengering. Hindari gerakan-gerakan pada wajah selama penggunaan masker. Saat mengangkat masker, sebaiknya memakai handuk atau spon yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    2 Komentar