Sukses

Penggunaan Steroid Topikal Jangka Panjang

30 Oct 2016, 21:59 WIB
Pria, 44 tahun.

Sore dokter.langsung saja. Saya baca di internet.katanya penggunaan desolex N cream dalam jangka panjang bisa timbul efek samping seperti iritasi.kulit jadi tipis dll. Itu jangka panjang kira kira berapa lama ya? Sebulan atau setahun? itu yang ingin saya tahu.terima kasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Penggunaan steroid yang anda maksud apakah untuk dermatitis atau eksim ataukah untuk apa?.

Kortikosteroid topikal apabila digunakan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penipisan kulit, hiperpigmentasi, dan jerawat. Efek sistemiknya adalah supresi pertumbuhan dan supresi adrenal. Untuk meminimalisasi risiko tersebut, maka sebaiknya krim kortikosteroid yang Anda miliki hanya dioleskan pada daerah eksim selama 2-3 minggu, 1x/hari, digunakan di sore hari, dan mengoleskan pelembab pada eksim apabila tidak menggunakan kortikosteroid. Obat untuk alergi selain dengan salep dapat juga konsumsi obat minum golongan antihistamine (loratadine, cetirizine) atau kortikosteroid lemah namun hanya boleh diberikan oleh dokter kulit bila memang keluhan tidak dapat Anda tahan. Sebaiknya untuk obat oral harus konsultasi ke dokter specialis kulit dan kelamin.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar