Sukses

Hamil Tidak Ya Saya

01 Nov 2016, 18:17 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat siang dok, saya Tri Bagas Bantara mau bertanya istri saya usia 20tahun, Januari lalu melahirkan anak kami, setelah itu dia mengalami nifas hingga 3 bulan. sampai sekarang anak saya sudah usia 9 bulan dia belum haid. Istri saya memberikan asi eksklusif untuk anak kami dan dia belum pernah kb. Yang saya tanyakan kepada dokter, saya dan istri setiap satu minggu sekali rutin berhubungan intim, dan saya selalu pakai kondom. Tapi 3-4x ini saya lupa tidak pakai kondom saat berhubungan intim dan saya mengeluarkan sperma di luar rahim. Namun hal itu saya tidak yakin apa sepenuhnya keluar diluar rahim semua. Atau mungkin ada yang keluar di dalam rahim walaupun setetes saja. Kami berhubungan intim terakhir kemarin. Mungkinkah dok istri saya bisa hamil lagi ? Karena kami berencana ingin menambah anak menunggu hingga anak kami besar dulu. Lalu apa yang bisa saya dan istri lakukan step selanjutnya jika itu tidak berpotensi hamil. Apa istri saya langsung kb saja ? Walaupun masih memberikan asi eksklusif? Terima kasih dok

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Kemungkinan hamil pada istri anda sangatlah besar dikarenakan anak sudah berusia 9 bulan yang artinya anak sudah tidak asi ekslusif karena telah mendapatkan sumber makanan dari MPASI nya, anda berhubungan rutin seminggu sekali dan lupa menggunakan kontrasepsi. Hal yang anda lakukan sekarang adalah :

  1. tes pack dengan menggunakan urin pagi hari.
  2. kontrol dan cek lah ke dokter kandungan untuk di USG. Jika tidak hamil segera pasang kontrasepsi yang aman untuk menyusui seperti IUD. Jika hamil maka jagalah kondisi janin dan ibu agar dapat menjalani 9 bulan dengan baik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar