Sukses

Mens Tidak Berhenti Setelah KB 3 Bulan

28 Oct 2016, 19:58 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok sya mau nanyak saya sudah suntik kb 3 bulan tapi Cuma sekali saja dan sekarang sudah tiga bulan lebih 2 minggu tapi kok belom selesai2 haid.x , emang sih 2 minggu terakhir ini darah.x gak merah tai coklat agak krhitam2.an gtwo , itu bahaya gak

 

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang siklus haid yang normal. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bila siklus haid tidak teratur, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab dari siklus haid Anda yang tidak teratur.

Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormon ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Namun jika perdarahan tidak juga berkurang dalam beberapa waktu, kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri kepada dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda saat ini serta mencari penyebab lkemungkinan lain perdarahan, dan juga untuk berkonsultasi apakah metode kontrasepsi Anda perlu diganti atau tidak.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar