Sukses

Pasca Tidak Teratur Minum Pil KB, Akankah Bulan Depan Haid?

28 Oct 2016, 18:04 WIB
Wanita, 32 tahun.

saya sudah 1 tahun pakai pil kabe andalan isi 28. setiap bulan saya rutin mengikuti sesuai aturan. bulan ini saya salah mengikuti aturannya dok. saya cuma minum 1x pil plasebo setelah itu lanjut ke strip baru saya mulai dengan pil warna krem. hasilnya tgl 8 okt saya harusnya dtng bulan tapi tdk dtng bulan. trs saya coba 2x test pack tapi negatif semua. saya coba usg ke dokter tapi blm keliatan apa2. Kalau misalnya akhir bln saya minum sesuai aturan apa bisa dtng bulan untuk bulan depan? makasih dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Sebelum menggunakan pil KB, Anda harus mengetahui cara penggunaan yang benar. Satu lempeng pil KB ada yang terdiri dari 28 pil dan 21 pil. Pada lempengan yang berisi 28 pil, 21 di antaranya mengandung hormon, sementara 7 sisanya adalah plasebo. Pil KB mulai diminum pada hari pertama menstruasi dan seterusnya setiap hari,  pada jam yang sama, mengikuti arah tanda panah yang tersedia. Sementara itu untuk lempengan yang berisi 21 pil, semuanya mengandung hormon. Sehingga setelah 21 pil habis diminum, terdapat 7 hari kosong tanpa meminum pil KB.

Untuk keadaan Anda saat ini, sudah benar Anda melakukan pemastian apakah telah terjadi kehamilan atau belum. Bila memang  telah dipastikan belum terjadi kehamilan, maka Anda dapat memulai kembali minum pil KB sesuai aturan sesuai keinginan Anda (misalnya, akhir bulan ini seperti yang Anda sebutkan). Bila telah teratur kembali dan menghabiskan pil hormon, kemungkinan besar maka Anda akan haid kembali bulan depan (bila memang tidak ada masalah kesehatan organ reproduksi, mengingat selama ini selalu teratur).

Kami sarankan agar sebaiknya Anda menunda hubungan seksual atau melakukan hubungan seksual dengan proteksi lain (misalnya, kondom) untuk mencegah terjadinya kehamilan selama proteksi pil KB belum ada dikarenakan pemakaian yang belum teratur bulan ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,a

0 Komentar

Belum ada komentar