Sukses

Cara penularan HIV melalui cairan tubuh

31 Oct 2016, 13:51 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok sebelumnya maaf jika saya sok tahu.Saya hanya ingin mengetahaui apakah yang saya pikirkan ini benar/salah. saya berpikir bahwa penularan Hiv dapat memlalui banyak hal.Bahakn mungkin menurut saya sendiri sedikit konyol/aneh.Contoh -alat cukur yang sebelumnya di gunakan pengidap Hiv, -Gunting kuku yang sebelumnya di gunakan pengidap Hiv -alat pencet jerawat yang sebelumnya di gunakan pengidap Hiv -Bersalaman dengan orang yang Hiv dan bisa saja bertepatan tangan kita ada luka dan tanga si pengidap Hiv juga.Sehingga saling kena(ada kontak darah) -Menggunakan gelas,sendok,tusuk gigi,sikat gigi atau pun menghisap rokok yang baru saja di gunakan oleh penderita Hiv dan bisa saja bertepatan ada luka di bibir sehingga kemungkinan ada darah. -menggunakan handuk baru saja digunakan oleh penderita hiv yang kemungkinan bisa saja ada darah di handuk tersebut karena si penderita mengalami luka di tubunya/kena air mani si penderita Hiv yang ada di handuk -atau mungkin orang yang sengaja ingin menularkan Hiv Karena ia telah terinfeksi.dengan cara sengaja menggesekan darahnya pada luka kita,memberi kita makan/minuman yang sebelumnya sudah di beri darah/Air mani dan kita langsung memakan atau meminumnya dll. dan hal-hal di atas bertepatan mengenai luka yang ada di tubuh kita.kan bisa terjadi penularan dok.. Mungki dok apa yang saya sebutkan sedikit aneh.Tapi dok kan tetap bisa terjadi penularan karena disana bisa terjadi pertukaran cair tubuh(darah,air mani).Dan pasti hal-hal yang saya sebutkan di atas tidak mungkin bisa hindari semua dalam menjalani hidup ini. Tapi dok selama saya baca-baca soal Hiv,pasti yang selalu di tekankan dapat menularkan Hiv(Yang wajib kita hindari jika tidak ingin tertular) ada 4 yaitu -melalui hubungan seksual beresiko tanpa menggunakan kondom -tranfusi darah yang terkontaminasi, -penggunaan alat suntik secara bersama-sama, -penularan ibu ke anak lewat masa kehamilan, persalian atau dan menyusui. Pertanyaan saya dok: 1)Kenapa hal aneh/Kecil yang saya sebutkan tidak pernah di tekankan(padahal ada kemungkinan bisa tertular melalui hal tersubut karena bisa terjadi pertukaran cairan) ? 2)Apakah benar hal konyol/aneh/kecil yang saya sebutkan tadi bisa menularkan(karena bisa terjadi pertukaran cairan) tapi hanya sekedar teori belum ada buktinya(tidak ada dokumentasinya) ? Ditambah lagi Hiv tidak bisa bertahan lama diluar tubuh(meskipun tidak bisa di pastakin berapa waktunya) ? sehingga tidak pernah di tekankan sehingga hanya 4 hal itu saja yang di tekankan ? maaf dok jika cukup panjang,tapi saya mohon pencerahan tentang pola pikir saya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut. Jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan.

Hal-hal yang Anda sebutkan mungkin dapat menularkan namun keumngkinannya sangat kecil. Walaupun sangat kecil memang sebaiknya tetap dihindari terutama bergantian alat-alat pribadi dengan orang yang positif HIV.

Semoga bermanfaat. (TRY)

0 Komentar

Belum ada komentar