Sukses

Tanda-Tanda Kehamilan Dan Masa Konsepsi

27 Oct 2016, 11:48 WIB
Wanita, 38 tahun.

Siang Dokter, Saya dapat mens Tgl 07 Okt 2016. Setelah mens bersih saya dan suami berhubungan. sudah bbrp hari ini saya merasa badan lemes, mual2, emosi labil, dll Pertanyaan saya : 1. Apakah itu tanda2 kehamilan ? 2. Di sistem kalender bisa melihat jenis kelamin bayi berdasarkan bulan Pembuahan/Conception, apa yg di maksud dgn Pembuahan/Conception (apakah bulan kami berhubungan atau bulan setelah telat mens ) ? Terima kasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Pembuahan terjadi ketika sel telur yang dilepaskan saat ovulasi bertemu dengan sel sperma. Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Untuk mengetahui perkiraan waktu ovulasi diperlukan paling tidak pola menstruasi 3 bulan terakhir, kemudian dihitung rata-ratanya. Pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur (28 hari), waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 14 hari atau 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Jika pembuahan berhasil dengan kata lain terjadi kehamilan. Seringkali kehamilan disadari ketika telah terlambat haid. Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang.

Tanda-tanda kehamilan setiap wanita berbeda-beda. Umumnya adalah mual dan muntah, nyeri kepala, tidak enak badan, hingga sering merasa lemas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar