Sukses

Perawatan Abses Gigi Untuk Ibu Menyusui

25 Oct 2016, 16:47 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok,geraham depan saya tinggal sisa akar bolong saja..dan mengalami abses dan bengkak ke gusi nyeri,kemudian geraham belakang nya sudah bolong parah tp masih ada mahkota giginya. Obat apa yg sbaiknya saya kojsumsi utk menghilangkan abses tsb?krn dokter gigi saya tdk bisa mencabut sisa akar gigi tsb kalau masih ada abses. Abses ini sudah berbulan2 tdk hilang. Kondisi sy sdg menyusuin bayi 4 bulan. Saya jg sudah tdk nyaman dgn bau mulut yg trjd akibat gigi bolonh dan sisa akar bol9ng tsb. mohon saran dok.trims

Halo Nindya,

Kami memahami keluhan yang anda alami. Pemberian obat-obatan pada saat ibu hamil dan menyusui memang harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan. Namun dalam pemberian obat penting sekali untuk menimbang kadar manfaat dan efek sampingnya. Apabila manfaat obat tersebut lebih besar dibanding efek sampingnya maka obat tersebut boleh diberikan. Untuk kasus abses anda, dapat diberikan obat antibiotic golongan penisilin. Jika Anda alergi penicillin maka bisa diberikan antibiotic golongan makrolid.

Abses gigi yang sudah berbulan-bulan sangat penting untuk segera diobati, jika tidak diobati maka abses akan menjalar ke daerah disekitar gigi sampai tenggorokan. Apabila abses dan bakteri sudah sampai ke tenggorokan atau masuk ke dalam peredaran darah, maka dapat menimbulkan abses di organ lainnya misalnya jantung dan paru-paru.

Oleh karena itu, jangan tunda lagi segera konsultasikan dengan dokter gigi spesialis bedah mulut untuk mendapatkan perawatan sekarang juga. Karena membiarkan abses tanpa pengobatan dapat berakibat komplikasi sehingga akan dibutuhkan tindakan yang lebih rumit lagi. Setelah abses sembuh dan kempes, jangan tunda lagi untuk melakukan pencabutan pada sisa akar gigi tersebut. 

PENTING SEKALI untuk diperhatikan bahwa sebelum Anda merencanakan kehamilan, maka kebersihan gigi dan gusi HARUS sehat dan terawat. Periksakan dan bersihkan karang gigi 6 bulan sekali dan lakukan penambalan ataupun pencabutan gigi jika diperlukan. Agar di kemudian hari tidak diperlukan pemberian obat antibiotic yang sebenarnya memiliki resiko dan efek samping  yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda.

Semoga jawaban kami dapat membantu Anda dan terima kasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar