Sukses

Pengobatan TB Paru dan Rokok

25 Oct 2016, 22:56 WIB
Pria, 23 tahun.

Halo Dok, Umur saya 23 tahun, saya pemderita tb aktif tapi sudah menjalani pengobatan rutin selama 6 lebih dan kata dokter harua sampai 9bln. Saya juga rajin minum obat. Dulu saya perokok, tapi sudah berhenti total. Yg mau saya tanyakan, meroko elektrik apakah bisa membuat tb saya gagal dalam pengobatan. Terimakasih Dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru  tidak dapat disembuhkan dengan memakan rokok utuh. Justru dengan memakan rokok utuh maka akan menimbulkan berbagai masalah, misalkan gangguan pencernaan. Rokok tidak dianjurkan untuk dihisap, apalagi dimakan. Izinkan kami menjelaskan tentang pengobatan TB Paru.

TB paru dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Sayang sekali Anda tidak menjelaskan secara rinci Anda tergolong kasus yang mana. Namun, bisa jadi Anda mengalami kekambuhan. Namun untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan sputum serta pemeriksaan foto rontgen dada. 

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Berikut kami sertakan artikel: Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis paru guna penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar