Sukses

Gigi Berlubang Ditambal Jadi Bengkak

25 Oct 2016, 10:10 WIB
Pria, 30 tahun.

Gigi saya berlubang, saat ditambal malah terjadi pembengkakan gusi dan oleh dokter tidak dianjurkan untuk dicabut sementara gigi terus mengalami pembengkakan setiap selesai makan. Bagaimana untuk mengatasi hal ini Dok? dan apa penyebabnya?

Halo Surdin,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Gigi yang berlubang seharusnya memang perawatan penambalan. Namun perlu Anda ketahui gigi yang berlubang dengan kedalaman seperti apa yang bisa langsung ditambal. Apabila gigi berlubang dengan keluhansakit/ngilu bila minum dingin/ manis, masih bisa ditambal langsung. Gigi berlubang dengan keluhan kemasukan makanan sakit, maka tidak bisa ditambal langsung. Yang bisa dilakukan adalah memberi obat dan menambal sementara. Untuk gigi yang berlubang pernah sakit cekot-cekot/nyut-nyutan, mengganggu tidur malam tidak bisa langsung ditambal, melainkan harus dilakukan perawatan saraf. Langkah pertama adalah dengan proses mematikan saraf gigi tersebut.

Untuk kasus gigi anda, kemungkinan lubang gigi sudah sangat dalam, sudah terkena saraf sehingga kalo dilakukan penambalan langsung mengakibatkan bengkak. Untuk memastikannya, lakukan rontgen foto agar terlihat kedalaman lubang giginya. JIka benar memang lubang sudah mengenai kamar saraf, maka saran kami Anda kembali ke dokter gigi Anda agar tambalan tersebut dibuka saja, setelah itu ditutup saja dengan kapas agar gas dalam gigi bisa keluar. Sambil minum obat antibiotic untuk menghilangkan bengkak tersebut. Usahakan untuk mengganti kapasnya setiap habis makan, agar kapas selalu bersih. Intinya adalah anda harus memulai untuk perawatan saraf pada gigi tersebut. Atau jika sisa gigi sudah sangat sedikit dan tidak mungkin dilakukan perawatan saraf maka setelah bengkaknya hilang dan bisa dilakukan pencabutan.

Semoga jawaban kami dapat membantu Anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar