Sukses

Apa Saja Penyebab Kram Perut

22 Oct 2016, 20:52 WIB
Wanita, 24 tahun.

sudah sekitar 2 minggu saya merasakan keram di bagian perut. kira2 apakah ada penyakit yg serius dok?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan kram perut. Posisi perut di kiri bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang dan usus.

Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri di sekitar pusar.  Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Irritable Bowel Syndrome (IBS)  merupakan salah satu gangguan sistem pencernaa kronik yang hingga kini belum diketahui penyebabnya. Masalah kesehatan ini tidak dapat sembuh total namun dapat dikendalikan.

Jika memang Anda benar menderita IBS, berikut ini adalah tips-tips yang dapat kami berikan untuk membantu Anda mengatasi gejala-gejala yang timbul karena IBS:

1. Hindarilah makanan seperti: kol, brokoli, kembang kol dan kacang-kacangan yang dapat menyebabkan perut kembung dan banyak gas sehingga dapat memicu atau memperparah gejala IBS.

2. Perbanyak makanan berserat, agar dapat mengurangi gejala konstipasi. Namun hal ini juga perlu dilakukan secara bertahap karena jika dilakukan secara mendadak maka dapat memperburuk gejala IBS (kembung, banyak gas).

3. Perbanyak minum air putih setiap waktu dan hindarilah minuman bersoda yang dapat membuat perut kembung.

4. Makanlah makanan dalam jumlah yang sedikit/porsi lebih kecil dan secara perlahan agar tidak terjadi diare dan kram pada sistem pencernaan.

5. Perbanyak konsumsi makanan-makanan rendah lemak dan tinggi karbohidrat, seperti: pasta, nasi dan gandum.

6. Makanlah makanan seimbang gizi dan juga berolah raga.

7. Berhenti merokok.

8. Hindari stres, karena stres merupakan salah satu pemicu munculnya gejala-gejala IBS.

9. Buatlah catatan makanan yang Anda konsumsi setiap hari, sehingga Anda dapat mengetahui makanan apa saja yang memicu gejala IBS Anda untuk muncul dan dapat dihindari.

10. Hindarilah bahan makanan yang dapat merangsang usus seperti: kafein, alkohol, susu dan produk-produk susu, makanan berlemak, makanan yang mengandung kadar gula tinggi, pemanis buatan.

11. Hindarilah kopi dan permen karet, karena mengandung kafein dan pemanis buatan yang tinggi. Demikian juga dengan permen-permen yang mengandung pemanis buatan sebaiknya dihindari.

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesalis penyakit dalam untuk wawancara medis yang mendetil untuk informasi lengkap dan pemeriksaan fisik untuk menunjang diagnosis.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar