Sukses

Diare Saat Susu Baru

22 Oct 2016, 08:34 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok anak saya baru berusia 2,5 bulan dia diare setelah mengganti susu baru saya lupa untuk satu takar susu baru, lama.. habis susu lama langsug say beri susu baru.. diarenya sudah 4 hari dok . Gmna caramengobatinya dok.. apa saya beri susu yg lama lagi dok..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya menjawab pertanyaan Anda, kami akan terlebih dahulu menjelaskan mengenai diare. Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. 

Diare dapat disebabkan oleh:

  • virus (paling sering)

  • bakteri

  • infeksi parasit

  • obat-obatan (kafein, alkohol)

  • penyakit non-infeksi (irritable bowel syndrome, inflammatory bowel disease)

  • laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)

  • pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat)

Gejala yang biasanya menyertai diare, antara lain:

  • tinja yang cair atau lunak

  • sering buang air besar

  • nyeri perut

  • demam

  • darah di dalam tinja

Adakah gejala penyerta di atas dialami oleh bayi Anda?

Bagaimana cara mengatasinya? Pastikan ada tidaknya tanda-tanda dehidrasi, cegah perburukan dan bawa ke fasilitas kesehatan : Tanda-tanda dehidrasi pada anak

  1. tanpa dehidrasi: sadar, mau minum normal, kelopak mata normal, air mata banyak, mulut tidak kering, kulit tidak keriput. Urin normal. Berat badan turun<5%. Terapi penggantian cairan rehidrasi oral (CRO) 10ml/kgBB/setiap diare; 2-5ml/kgBB setiap muntah.

  2. dehidrasi ringan-sedang : rewel, gelisah, tampak kehausan dan minum dengan cepat, kelopak mata cekung, air mata berkurang, mulut kering, kulit pucat, urin berkurang, berat badan turun 5-10% dari berat badan sebelumnya. Diberikan rehidrasi dengan CRO 75mg/kgBB/3jam dan penggantian cairan sama seperti dehidrasi ringan.

  3. dehidrasi berat : lemah, tidak sadar, tidak mau minum, kelopak mata sangat cekung, sangat kering, kulit pucat, berat badan turun>10% dari berat badan sebelumnya. Terapi rehidrasi dengan cairan intravena (infus) untuk itu segera dibawa ke fasilitas kesehatan.

Bagaimana dengan anak Anda, adakah tanda-tanda dehidrasi? Mengingat diare yang dialaminya sudah selama 4 hari. Bila ada tanda-tanda dehidrasi maka sebaiknya segera dibawa ke puskesmas/ layanan kesehatan terdekat. Dehidrasi, terutama dehidrasi berat adalah hal yang mengancam nyawa. Mengenai pilihan susu yang sebaiknya diberikan, sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu, apakah susu lama dan susu baru tersebut satu jenis (misalnya sama-sama susu sapi?). Bila jenisnya sama, seharusnya susu baru tidak menimbulkan reaksi apapun karena jenisnya sama dengan susu lama. Apakah selama 4 hari diare ini, diare tampak terus membaik dan berkurang? Bila Ya,maka dapat dikatakan hal tersebut adalah proses adaptasi saluran cerna anak dengan susu yang baru. Namun, masih perlu juga dicari apakah ada tanda-tanda infeksi dan memerlukan obat antibiotik (misalnya akibat penggunaan air yang kurang bersih, proses mempersiapkan susu yang tidak higienis). Untuk itu, kami merekomendasikan agar bayi Anda diperiksakan langsung pada dokter agar diagnosisnya menjadi jelas dan kemudian dapat dicari apakah telah ada tanda-tanda dehidrasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar