Sukses

Nyeri Lutut - Patellofemoral Pain Syndrome

20 Oct 2016, 06:21 WIB
Wanita, 29 tahun.

Halo dok saya mau tanya...lutut saya sering x trasa sakit sep kram dan bunyi kl digerakin dan terkadang sakitnya ga tertahan. Tapi hanya lutut sebelah kanan saja. Terutama kalau malam hari dan cuaca dingin jg kalau dah lama duduk terasa lebih sakit. Kira2 apa ya dok yang terjadi dgn lutut saya..sbnarnya saya blom cek ke dokter. Mohon penjelasan nya. Trims

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Yang Anda alami kemungkinan adalah Patellofemoral Pain Syndrome (PPS), yaitu istilah yang digunakan untuk menjelaskan nyeri pada bagian depan lutut dan sekitar patella (tulang lutut). Nyeri dan kekakuan yang muncul dapat membuat Anda sulit untuk naik tangga, bersujud atau melakukan aktivitas harian.

Penyebab PPS ada beberapa hal, yaitu:

  • Penggunaan berlebihan (overuse) akibat aktivitas fisik yang memberikan stres berulang pada lutut seperti jogging, berjongkok, naik tangga. Bisa juga akibat perubahan aktivitas fisik yang tiba-tiba, baik dalam frekuensi, durasi dan intensitas aktivitas. Faktor lain yang berkontribusi terhadap PPS yaitu penggunaan alas kaki yang kurang tepat.
  • Patellar malalignment. PPS dapat disebabkan karena tulang lutut tidak pada posisi yang seharusnya (malposisi) sehingga mengiritasi jaringan di sekitarnya. 

Gejala yang paling umum terjadi pada PPS ada nyeri tumpul pada bagian depan lutut. Nyeri ini muncul bertahap dan sering berhubungan dengan aktivitas serta dapat muncul pada salah satu atau kedua lutut. Gejala lainnya yaitu:

  • Nyeri saat berolahraga atau melakukan aktivitas yang secara berulang menekuk lutut, seperti naik tangga, berlari, loncat, atau berjongkok
  • Nyeri setelah duduk lama dengan lutut menekuk
  • Nyeri akibat perubahan intensitas, durasi, dan frekuensi aktivitas
  • Suara krek-krek/popping pada lutut ketika naik tangga atau ketika berdiri setelah duduk dalam waktu lama

Penanganan di rumah:

  1. Modifikasi aktivitas. Hindari aktivitas yang memperburuk/memicu nyeri lutut sampai nyerinya benar-benar hilang. Bila ingin berolahraga, dapat bersepeda atau berenang yang tidak terlalu membebani lutut. Bila berat badan Anda berlebih, kurangi berat badan untuk menurunkan tekanan pada lutut.
  2. Metode R-I-C-E: Rest, Ice, Compression, Elevation.
    • Rest - Hindari menaruh beban pada lutut yang nyeri
    • Ice - Gunakan kompres dingin selama 20 menit, ulangi beberapa kali per hari (jangan langsung taruh es di atas kulit)
    • Compression - untuk mencegah peradangan lebih lanjut, bungkus lutut menggunakan perban elastis, namun tinggalkan lubang di bagian tonjolan lutut. Pastikan perban tidak terlalu menekan sehingga tidak menimbulkan nyeri tambahan
    • Elevasi - Sesering mungkin, ketika berbaring istirahatkan lutut dengan mengganjalnya sehingga posisinya berada di atas jantung
  3. Obat-obatan. Obat antinyeri seperti ibuprofen dan naproxen dapat mengurangi radang dan mengurangi nyeri. 

Bila dengan cara-cara di atas nyeri lutut yang dialami masih ada dan cenderung memburuk, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan langsung secara menyeluruh. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter ortopedi jika keluhan tidak membaik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar