Sukses

Perdarahan saat Hamil Muda & Berhubungan

18 Oct 2016, 16:00 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok,saya mau tanya.usia kehamilan saya 3 bulan dan saya melakukan hubungan intim d saat melakukan hubungan itu keluar darah warna merah muda,apakah itu berbahaya dok?terimakasih sebelumnya dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kondisi Anda. Bagaimana siklus haid anda selama ini? apakah keluhan keluar darah setelah berhubungan baru kali ini anda alami?apakah setiap kali anda berhubungan maka akan keluar bercak darah tersebut?apakah darah hanya keluar saat setelah berhubungan atau terus menerus hingga beberapa hari?apakah ada keluhan lain yang dirasakan?

Bila keluhan darah  keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding.Perdarahan setelah berhubungan seksual atau Post Coital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual  belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. 

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). Namun lebih baik sementara ini Anda tidak melakukan hubungan seksual, mengingat bakteri vagina dapat menginfeksi luka tersebut.  

Mengingat Anda saat ini sedang hamil muda, perdarahan pervaginam atau perdarahan dari kemaluan merupakan salah satu tanda waspada terjadinya gangguan pada rahim atau keguguran. Keguguran sendiri memiliki beberapa tahapan dimana pada keguguran stadium pertama atau di dalam dunia medis dikenal dengan abortus imminens, terdapat tanda keguguran (kontraksi, perdarahan pervaginam) namun janin masih dapat dipertahankan.

Saran kami adalah segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dapat dicari penyebabnya segera. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Semoga membantu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar