Sukses

Memilih Susu untuk Ibu Hamil

17 Oct 2016, 18:51 WIB
Pria, 26 tahun.

Assalamualaykum wr wb Dokter mau tanya.. istri saya sedang mengandung 4 bulan.. dan selama ini sudah mengkonsumsi prenagen mommy emesis. Sampai kapan dapat megkonsumsi yg prenagen mommy? terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Pada prinsipnya adalah istri Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Cara terbaik adalah dengan makan makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, istri Anda perlu juga mengkonsumsi suplemen ibu hamil. Suplemen yang diperlukan dapat diperoleh dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil. 

  • Untuk trimester pertama, ibu perlu asupan asam folat yang cukup untuk perkembangan syaraf janin.
  • Untuk trimester kedua dan ketiga, ibu perlu asupan Calcium dan Ferrum (besi) yang cukup.

Oleh karena itu, penting bagi istri Anda untuk mengkonsumsi suplemen makanan, biasanya dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil. Konsumsi susu ibu hamil memang sebaiknya tidak berganti-ganti, jika susu tersebut sudah mencakup nutrisi lengkap maka sebaiknya tidak mengganti-ganti lagi susunya. Namun bila susu yang dikonsumsi menimbulkan mual ataupun keluhan lain, ibu hamil masih diperbolehkan untuk memilih susu yang cocok dengan nutrisi yang lengkap. 

Sebaiknya istri Anda mulai rajin makan sayur demi perkembangan dan pertumbuhan calon bayi Anda. Sayuran dapat dolah menjadi makanan lain misalnya kue kering ataupun cemilan agar istri Anda lebih ada variasi makanan. Pikirkan juga, apa yang Anda makan saat ini bukan hanya untuk istri Anda saja tetapi juga nutrisi untuk bayi Anda.

Sebetulnya kenaikan berat badan selama hamil itu juga tergantung berat badan sebelum hamil. Menurut ketentuan Institute of Medicine mengenai hal ini, rekomendasi kenaikan berat badan dibagi-bagi berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT) sebelum hamil. Semakin tinggi IMTnya, semakin rendah kenaikan berat badan selama hamil yang dianjurkan. IMT Ibu sebelum hamil adalah 29,38 dalam hal ini termasuk golongan overweight. Untuk kelompok ini tidak ada rekomendasi kenaikan berat badan yang dianjurkan selama trimester pertama. Sedangkan peningkatan berat badan selama trimester ke-dua dan ke-tiga adalah  200 - 300 gram per minggu dengan total kenaikan selama kehamilan > 6,8 kg.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar