Sukses

Anak Susah Makan dan Minum Susu

17 Oct 2016, 19:05 WIB
Wanita, 35 tahun.

Selamat Siang... Saya mempunyai anak perempuan usia 23 bulan, selama ini mengkonsumsi susu chilkid platinum vanila. kenapa ya kok akhir2 ini dia susah or jarang habis minum susunya. slalu aja buang susunya. cm di emuh aja bhs jawanya. makannya susah banget. Mohon solusinya, terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.
 
Sebaiknya diketahui dulu penyebab dari kurangnya nafsu makan anak Anda. Pada umumnya anak sulit makan dikarenakan berbagai macam faktor. Berawal dari anak mulai mandiri dan merasa berhak untuk mengatur selera makannya sampai adanya gangguan atau kelainan pola makan.

Perhatikan juga, apakah anak Anda sering sakit? Anak yang sering sakit umumnya memang berkurang selera makannya. Bila anak sering sakit, ada baiknya periksa ke dokter anak, sebab bisa jadi ada proses yang sifatnya kronis, atau bisa juga ada masalah lain yang belum diketahui, misalnya ada suatu infeksi.

Beberapa hal yang dapat Kami sarankan untuk membuat anak Anda mau makan diantaranya:

  1. Mengurangi camilan yang membuat anak kenyang Jangan biarkan anak terlalu sering memakan makanan kecil di luar makanan utama karena dapat menyebabkan anak kenyang.

  2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda

  3. Berikan jadwal Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  4. Jangan cemas & khawatir Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  5. Beri pujian Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  6. Pantau asupan minum sebelum makan Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

  7. Penuhi kebutuhan nutrisinya Di luar hal-hal tersebut, kekurangan asupan vitamin, khususnya kompleks vitamin B dan vitamin C, dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan. Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat.

Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, Anda dapat membantunya dengan memberikan suplemen multivitamin untuk anak. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan suplemen multivitamin untuk anak Anda, jika Anda merasa bahwa asupan zat gizinya dinilai kurang dari makanan-makanan yang dikonsumsinya.

Jika nafsu makan anak Anda sudah kembali, Anda dapat menghentikan penggunaan multivitamin karena kebutuhan vitamin anak Anda sudah cukup terpenuhi dari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Kami sarankan untuk jenis vitamin yang tepat untuk anak coba konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar