Sukses

Anak Lebih Mau Susu Ketimbang Makan

17 Oct 2016, 11:49 WIB
Wanita, 26 tahun.

Anak Tidak Mau Makan Dear Dokter Anak saya laki laki umur 18 Bulan, anak aktif dan lincah.,BB 11Kg.. tapi anak tidak mau makan, ngemilpun jarang sekali, saya sudah melakukuan berbagai cara supaya dia mau makan, mulai dari menu yang di variasikan tapi dia tetap menolak untuk makan, mulut di tutup setiap disodorkan makanan,anak saya sehari minum susu sampe 6 Botol (@240ml), pernah saya coba untuk tidak memberikan susu, tapi makanan, dia malah lebih memilih untuk tidak makan dan lapar :'( saya bingung harus bagaimana lagi,, tolong kasih solusinya dok supaya anak saya mau makan,,

Halo, terima kash telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Saya memahami situasi yang sedang Anda hadapi. Keluhan anak sulit makan adalah keluhan yang sangat sering disampaikan oleh para orangtua, terutama mereka yang memiliki anak usia 1-3 tahun.

Seiring dengan pertambahan usia, anak- anak akan semakin pintar dan bisa menentukan apa yang ia sukai dan tidak sukai, begitu pula jika menyangkut tentang makanan. Menawarkan makanan pada anak memang tidak boleh memaksa, namun orangtua tetap berperan mengarahkan agar anak tetap mendapat seluruh nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh kembangnya. Terlalu banyak mengkonsumsi susu bisa menjadi penyebab mengapa anak tidak mau makan. Ia cenderung merasa kenyang karena perutnya telah penuh terisi susu, padahal susu saja tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Anak tetap perlu karbohidrat, vitamin, serat, protein dan berbagai zat gizi lainnya dan sumbernya harus bervariasi.

Anda tidak perlu merasa bersalah ketika anak tetap enggan makan padahal susunya sudah dikurangi. Biarkan ia mengenal rasa lapar. Di awal, mungkin ia terlihat lebih memilih menahan lapar ketimbang makan karena anak tersebut tahu bahwa ketika ia menahan lapar dan tidak makan, ibunya akan 'luluh' dan kemudian memberikan susu kembali. Di sinilah kesalahan sering terjadi. Anak tersebut kemudian belajar, bahwa dengan metode tersebut, ia akan kembali mendapatkan apa yang ia inginkan. Proses belajar anak, termasuk dalam hal makan, harus dilakukan dengan kesabaran dan konsistensi. Jadi saran saya sebaiknya Anda batasi asupan susunya, dan tidak memberikan susu tambahan sekalipun anak menolak makan. Lakukanlah ini dengan konsisten hingga anak memahami betul bahwa lapar berarti makan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan si kecil selalu sehat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar