Sukses

Mengenal distrofi muscular
16 Oct 2016, 22:14 WIB
Pria, 16 tahun.

distrofi muscular itu penyakit apa?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Distrofi muskular (otot) merupakan sekelompok penyakit yang menyebabkan kelemahan progresif dan hilangnya massa otot. Dalam distrofi otot, gen yang abnormal (mutasi) mengganggu produksi protein yang dibutuhkan untuk membentuk otot yang sehat.

Ada berbagai jenis distrofi otot. Gejala dari jenis distrofi otot yang paling umum dimulai pada masa kanak-kanak, terutama pada anak laki-laki. Distrofi otot jenis lain tidak menunjukkan gejala apapun sampai dewasa.

Beberapa orang yang memiliki distrofi otot pada akhirnya akan kehilangan kemampuan untuk berjalan. Beberapa mungkin mengalami kesulitan bernapas atau menelan.

Tidak ada obat untuk distrofi otot. Tapi obat-obatan dan terapi dapat membantu mengelola gejala dan memperlambat perjalanan penyakit.

Tanda utama distrofi otot adalah kelemahan otot yang semakin memburuk. Tanda-tanda dan gejala spesifik dimulai pada usia yang berbeda dan dalam kelompok otot yang berbeda, tergantung pada jenisnya.

Distrofi Duchenne

Sekitar sepertiga dari anak laki-laki dengan distrofi otot Duchenne tidak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ini, mungkin karena gen yang terlibat dapat mengalami perubahan abnormal mendadak (mutasi spontan).

Tanda dan gejala biasanya muncul antara usia 2 dan 3 tahun, dan mungkin termasuk:

  • Sering jatuh
  • Kesulitan bangun dari posisi berbaring atau duduk
  • Kesulitan berjalan dan melompat
  • Berjalan di jari-jari kaki
  • Otot betis besar
  • Nyeri otot dan kekakuan

Distrofi Becker

Tanda dan gejalanya mirip dengan Duchenne distrofi otot, tetapi biasanya lebih ringan dan berkembang lebih lambat. Gejala umumnya dimulai pada usia remaja, tetapi mungkin tidak terjadi sampai pertengahan 20-an atau bahkan setelahnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar