Sukses

Alergi Susu atau Bukan

15 Oct 2016, 15:22 WIB
Wanita, 26 tahun.

Pagi dokter, Sy ibu dengan satu anak perempuan. Putri saya umur 2 tahun 2 bulan. Dia dr bayi 0-6bulan konsumsi sufor BMT PH-P dan asi dikarenakan asi saya kuantitasnya berkurang. Nah setelah umur 7 bulan hingga skrg dia minum susu enfamil Gentle care+ ( Hidrolid parsial), karena sy dan suami ada alergi tetapi reaksi alergi kami berbeda. Nah yg mau sy tanyakan..anak sy sekitar 4 bulan yg lalu mengalami batuk pilek berulang dan mengalami susah BAB. BABnya jadi gampang keras dan selalu keluar 3hari sekali dgn kondisi BABnya bulat dan sedikit keras. Terkadang berwarna sedikit coklat tua..terkadang berwarna kuning/coklat muda. Diet alergi makanan pun sampe skrg msh sy jalankan. Konsumsi buah,sayur dan air putih sdh sesuai dgn anjuran dokter. Nah yg jd pertanyaan saya. Apakah batuk pilek berulang dan sembelit anak sy ini disebabkan konsumsi susu yg dia konsumsi skrg? Atau kah krn alergi lain seperti debu,dingin atau polusi. Mengingat dia setiap pagi stlh bangun tidur selalu bersin2. Karena 4 bulan bertururt2 dia pilek dan disambung batuk (kering maupun dahak) 1 bulan sekali. Mohon jawabannya dok. Terimakasih

 

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit, maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Pada dasarnya kandungan susu formula secara umum mirip. Anda dapat memilih merk apapun yang disukai atau cocok dengan anak Anda. Jika anak Anda diberikan susu formula, Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna, dan pastikan agar bayi Anda tidak kurang minum air putih. Cobalah variasi beberapa formula yang encer untuk memantau kondisi buang air besar bayi Anda.

Mengenai batuk pilek berulang, belum tentu diakibatkan oleh alergi susu sapi bisa jadi bentuk alergi lain terhadap sistem pernafasan anak Anda. Seperti alergi cuaca dingin, debu, asap rokok. Walaupun mnifestasi alergi susu dapat terlihat dari gangguan pernafasan.

Untuk itu mengenai seluruh keluhan anak Anda apakah menglami alergi suatu susu atau tidak, maka stop terlebih dahulu penggunaan susu tersebut selama beberapa hari. Nutrisi anak murni didapat dari makanan sehari-hari, kita lihat apakah keluhan yang Anda sebutkan seluruhnya berhenti. Bila iya, berarti anak Anda memiliki ketidak cocokan terhadap produk susu tersebut, namun jika tetap saja keluhan berlangsung, maka kemungkinan penyebab bukan dari susu.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar