Sukses

Berat Badan Bayi Usia 2 Bulan dan Tips Agar ASI lancar Bagi Ibu Pekerja

15 Oct 2016, 13:22 WIB
Wanita, 1992 tahun.

Selamat malam dokter, Saya seorang ibu baru, memiliki seorang bayi laki2 yang berusia 2 bln (bb saat ini 5,4 kg dan panjang 60), yg mau saya tanyakan apakah berat badannya sudah termasuk ideal atau blm, yang kedua bagaimana cara agar asi saya tetap lancar dan berkualitas, karena saya juga bekerja, saya ingin tetap bisa memberikan asi ekslusif untuk bayi saya. Mohon penjelasannya dokter, Trims

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Selamat atas kelahiran anak lelaki Ibu!

Berdasarkan tabel pertumbuhan anak menurut WHO bayi lai-laki usia 2 bulan memiliki kisaran berat badan antara 4,3 kg - 7 kg dengan berat ideal (persentil 50) 5,3 kg.  Sehingga, berdasarkan tabel tersebut berat badan anak ibu termasuk normal.

Sebenarnya, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan

Mengenai ASI. Prinsip dasarnya ialah supply dan demand. Yaitu semakin sering dikeluarkan (disusui/diperah) akan semakin banyak produksinya. Berikut ialah tips ASI lancar:

  1. Pikiran Ibu harus positif dan senang

  2. Buat dan cari suasana nyaman saat sedang menyusui/ memerah

  3. dekap bayi dengan kontak kulit (akan meningkatkan perasaan nyaman Ibu dan bayi serta membantu Ibu dapat memiliki pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi dan juga dapat menstimulasi reflex oksitosin.)

  4. Saat menyusui, bayi perlu menempel dengan benar ke dada Ibu dengan posisi mulut yang tepat sehingga bayi dapat menyusui dengan efektif.

  5. Makan makanan yang bergizi

  6. Banyak minum air. Selalu sediakan air putih didekat Anda saat menyusui/ memerah ASI

  7. Istirahat yang cukup

  8. Stimulasi Reflex Hormon Oksitosin ( kompres hangat atau mandi air hangat, menstimulasi puting payudara dengan menarik atau memutar puting payudara, pemijatan payudara pada daerah puting payudara ataupun areola dan pemijatan punggung.)

  9. Dukungan keluarga terutama suami sangat penting bagi kelancaran ASI

  10. Untuk menjaga agar produksi ASI mencukupi, usahakan untuk mengosongkan payudara setiap 2-3 jam dapat dengan menyusui langsung atau dengan cara memerah ASI

  11. Bagi ibu yang bekerja dapat mulai menabung ASI perah sedini mungkin sehingga saat nantinya ditinggal kerja stok ASI mencukupi

Kunci keberhasilan ASI ekslusif ialah konsistensi dari Ibu, terutama bagi ibu bekerja yang harus mau meluangkan sedikit waktunya untuk memerah/ memompa ASI. Dukungan keluarga sangatlah penting. Namun yang paling penting ialah buang jauh rasa cemas, isi dengan pikiran positif dan ibu merasa senang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar