Sukses

Batuk-pilek Saat Hamil

14 Oct 2016, 21:19 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang dok, saya sekrg sedang hamil, usia kehamilanya memasuki 9 minggu. Kondisi saya saat ini sedang sakit flu dan batuk dari 3 hari yg lalu, gejala nya mungkin sudah 1 minggu. Yg jadi pertanyaanya, bahaya ga dok untuk perkembangan janin saya dan untuk kesehatanya? Solusinya gimna? Mkasih dok

Kami memahami kekhawatiran Anda. Batuk pilek saat hamil umumnya tidak mempengaruhi perkembangan janin. Batuk-pilek pada ibu hamil umumnya disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat. Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan, dan umumnya bervariasi untuk setiap usia kehamilan. Sebagai tips untuk mengurangi keluhan batuk, Anda dapat mengonsumsi madu ditambahkan peppermint yang diseduh dengan air hangat. Untuk keluhan hidung tersumbatnya dapat dihisap atau dioleskan mentol atau minyak kayu putih pada kulit dekat lubang hidung.

Selain itu, perlu diperhatikan mengenai pemenuhan kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi banyak buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hidung terasa sangat tersumbat, dapat diberikan uap hangat dari baskom yang berisikan air panas.

Apabila disertai keluhan demam, Anda juga dapat mengonsumsi obat analgetik asetaminofen yang aman bagi ibu hamil pada semua trimester kehamilan. Yang terpenting Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter Anda setiap hendak mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena tingkat keamanan obat berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan.

Untuk penanganan yang tepat, kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda untuk dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik.

Semoga bermanfaat! (TRY)

0 Komentar

Belum ada komentar