Sukses

Konsumsi Obat Filariasis Saat Promil

13 Oct 2016, 23:22 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, Bolehkah saya yg sedang program hamil dan sedang mengonsumsi obat inlacin bersamaan itu mengonsumsi obat filariasis?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Tujuan utama dalam penanganan dini terhadap penderita penyakit kaki gajah adalah membasmi parasit atau larva yang berkembang dalam tubuh penderita, sehingga tingkat penularan dapat ditekan dan dikurangi.

Dietilkarbamasin {diethylcarbamazine (DEC)} adalah satu-satunya obat filariasis yang ampuh baik untuk filariasis bancrofti maupun malayi, bersifat makrofilarisidal dan mikrofilarisidal. Obat ini tergolong murah, aman dan tidak ada resistensi obat. Penderita yang mendapatkan terapi obat ini mungkin akan memberikan reaksi samping sistemik dan lokal yang bersifat sementara dan mudah diatasi dengan obat simtomatik.

Dietilkarbamasin tidak dapat dipakai untuk khemoprofilaksis. Pengobatan diberikan oral sesudah makan malam, diserap cepat, mencapai konsentrasi puncak dalam darah dalam 3 jam, dan diekskresi melalui air kemih. Dietilkarbamasin tidak diberikan pada anak berumur kurang dari 2 tahun, ibu hamil/menyusui, dan penderita sakit berat atau dalam keadaan lemah.

Jadi apabila Anda sedang mengonsumsi obat filariasis namun dalam program kehamilan, sebaikanya tuntaskan dahulu pengobatan filariasis karena dikhawatirkan efek pengobatan dapat berpengaruh pada kehamilan Anda dan janin. Saran kami sebaiknya Anda mengkonsultasikan hal ini kepada dokter yang memeriksa Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar