Sukses

Perkembangan Bayi Prematur

12 Oct 2016, 07:39 WIB
Wanita, 2016 tahun.

DOK MAU TANYA ANAK SAYA LAHIR DI MINGGU KE 35,SEKARANG UDH 3BULAN KENAPA PERKEMBANGANNYA SANGAT LAMPAT DENGN BAYI YG LAHIR CUKUP UMUR DIDALAM KANDUNGAN?APAKAH MEMANG BEGITU/ADA SARAN LAIN

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Perkembangan anak usia < 1 tahun dibedakan setiap 3 bulan. Pada usia 3 bulan anak seharusnya sudah dapat mengangkat kepala setinggi 450 dan menggerakkannya. Kemampuan ini semakin berkembang hingga usia 6 bulan dimana seharusnya anak sudah dapat mengangkat kepalanya lebih tinggi lagi dan membalikkan badan sendiri. Lebih lengkap mengenai perkembangan anak dapat anda baca dengan mengakses link ke rubrik tumbuh kembang anak kami.

Meskipun lahir sebelum waktunya, bayi prematur tumbuh dan berkembang melalui tahap yang sama. Namun perlu diketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangannya harus disesuaikan dengan usia bila anak tersebut lahir cukup bulan. Misalnya pada kasus anak yang lahir saat usia kehamilan 34 minggu, berarti usianya saat ini harus dikurangi 6 minggu menjadi 2 bulan 2 minggu. Pada usia tersebut anak anda seharusnya mampu:

  • Tersenyum
  •  Dapat mengangkat kepala dan dada saat telungkup
  •  Dapat menopang kepala dengan baik saat duduk 
  • Dapat mengikuti orang atau objek dengan pandangan matanya
  •  Melihat dan menatap wajah anda lebih intens
  • Suka tertawa keras
  • Bereaksi terkejut terhadap suara keras
  • Menggenggam mainan yang diletakkan di tangan

Anda tidak perlu merasa khawatir karena kemampuan membalikkan badan sendiri umumnya akan didapatkan oleh anak anda saat berusia 6-9 bulan, atau sekitar 7,5-10,5 bulan usia sebenarnya.

Sebagai kesimpulan, pola perkembangan bayi prematur dapat menjadi lebih lambat dari bayi yang lahir cukup bulan. Kemampuan-kemampuan seperti berjalan, berlari, dan bicara dapat mengalami keterlambatan.  Namun kebanyakan hal ini tidak menjadi masalah saat anak mencapai usia 1-2 tahun.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar