Sukses

Telat Dudukah Anak Saya?

12 Oct 2016, 23:23 WIB
Pria, 8 tahun.

selamat pagi dok, dok bayi saya usia 7 bulan 25 hari saat ia mengkonsumsi morinaga PHP tahap 2 chilmil karena punya riwayat alergi turunan dari ayahnya, masalah yang sedang saya hadapi saat ini bayi saya belum bisa merangkak ataupun duduk sendiri dok, hal tersebut apakah pengaruh dari alerginya atau memang pertumbuhan setiap anak berbeda-beda dok karena bila dibandingkan dengan bayi-bayi seusianya rata2 mereka sudah bisa merangkak ataupun duduk sendiri. dan saat ini berat badannya hanya 7,8 apakah itu normal dok,? mohon dibantu untuk solusinya ya dok. terima kasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Memang, seharusnya pada usia sekitar itu, bayi sudah dapat duduk sendiri tanpa berpegangan. Namun dikatakan masih dalam batas toleransi keterlambatan hingga usia  8 bulan. Jadi selagi masih bisa dilakukan rangsangan lebih baik agar Anak segra bisa duduk dan tidak terlambat perkembangan motoriknya. Lakukan lah latihan-latihan yang ditujukan untuk memperkuat otot leher anak Anda. 

Cara yang dapat dilakukan seperti berikut ini:

  •  Mengembangkan fungsi kontrol terhadap kepala 

    Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.
  •  Duduk 

    Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Jika dirasakan tidak ada perbaikan setelah Anda lakukan rangsagan lebih sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak agar diketahui penyebab dan ditatalaksana dengan tepat.

Begitu juga dengan merangkak, biasanya bayi akan belajar berjalan dulu selanjutnya merangkak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar