Sukses

Lancar BAB Pada Anak 4 Bulan

12 Oct 2016, 23:43 WIB
Wanita, 30 tahun.

SUSAH BUANG AIR BESAR BAYI 4 BULAN Dok ,saya mau tanya tentang anak,tapi sejak saya melahirkan secara caesar saya susah buang air besar,tapi kenapa sama anak saya susah sekali buang air besar , kadang 2 hari sekali baru buang air , kdang 3 hri, padahal susunya sudah saya encerin,anak saya sekarng berusia 4 bulan stengah, padhl anak saya tidak mnm asi skrng2 ini,biar lancar buang air besar untuk anak saya gimana dok.terima kasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Anak Anda sulit buang air besar? Hal ini tentu menjadi sumber kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Setiap orang tua akan merasa gelisah jika anaknya jarang buang air besar atau kesakitan pada saat buang air besar. Pada anak-anak, sulit buang air besar atau konstipasi diartikan sebagai buang air besar yang jarang (kurang dari 3 kali dalam seminggu), buang air besar yang menyebabkan rasa sakit, atau kedua-duanya yang telah terjadi selama 2 minggu lebih.

Apa saja yang dapat terjadi dan perlu Anda waspadai jika anak Anda mengalami sulit buang air besar?

  1. Pada bayi baru lahir hingga usia 4-6 bulan, tidak mengeluarkan kotoran dan kesulitan untuk buang air besar dapat merupakan suatu pertandan adanya penyakit Hirschprung. Pada penyakit ini usus besar tidak dapat bergerak karena tidak adanya sel-sel saraf pada suatu bagian tertentu usus besar.

  2. Pada bayi usia sampai 1 tahun, konstipasi dapat disebabkan karena perubahan makanan, seperti perubahan dari ASI ke susu formula, penambahan MPASI dan perkenalan terhadap makanan yang lebih padat).  Bayi anda saat ini memasuki usia 4 bulan, apakah sudah diberikan Susu Formula atau ASI saja?. Jika hanya ASI namun BAB tidak lancar tidak apa-apa, bayi yang diberikan ASI saja frekuensi BAB nya dapat lebih lama. Namun, jika anda telah mencampur dengan susu formula bisa jadi tidak cocok dengan susu formula nya karena BAB menjadi susah. Perhatikan apakah bayi saat BAB terlihat ada usaha untuk mengejan? jika ada segera bawa ke dokter anak untuk dilihat penyebabnya. Jika bayi hanya ASI saja, cobalah ibu untuk meminum air putih yang banyak dan konsumsi sayur dan buah lebih sering sehingga ASI yang diberikan kepada bayi anda kaya akan serat.

Yang perlu Anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi Anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda ke dokter spesialis anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar