Sukses

Stress dan Sulit Hamil

11 Oct 2016, 10:23 WIB
Wanita, 24 tahun.

siang dok, mau tanya, apakah berhubungan suami istri secara terpaksa berpengaruh tidak ya untuk kehamilan, maksudnya jadi susah hamil gitu dok, Terima Kasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Berhubungan intim secara terpaksa dapat memicu stress. Banyak penelitian dilakukan untuk melihat efek stress sebagai penyebab infertilitas. Beberapa penelitian tersebut menunjukkan fakta bahwa stress dapat menyebabkan peningkatan hormon stress (glukokortikoid), seperti kortisol. Hormon kortisol dapat menghambat tubuh untuk memproduksi hormon seks, seperti gonadotropin releasing hormon (GnRH) yang berujung kepada berkurangnya jumlah sperma, terlambatnya ovulasi (matang dan keluarnya sel telur) atau tidak ovulasi sama sekali, dan berkurangnya gairah seksual

Penelitian yang terbaru yang diterbitkan oleh jurnal  Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) , Juni 2009, mengemukakan bahwa stress selain menurunkan kadar GNRH, stress dapart meningkatkan kadar hormon yang dinamakan gonadotropin-inhibitory hormone (GnIH) yang bekerja untuk menghambat GnRH.

Jadi secara tidak langsung, stress dapat menyebabkan infertilitas dengan bekerja sinergis melalui penghambatan hormon GnRH atau hormon seks.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar