Sukses

Nyeri Perut Setiap Bangun Tidur

10 Oct 2016, 08:45 WIB
Pria, 26 tahun.

saya mau tanya dok,, setiap bangun tidur perut saya terasa nyeri,pd saat siang-malam perut terasa penuh?kencang,gjala ini sdh sya alami sebulan trakhir stelah saya mengalami sakit tifus,sya juga punya riwayat maag

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan Anda saat ini adalah nyeri perut setiap bangun tidur pagi. Bagian tengah perut bisa mengarah kepada daerah ulu hati. Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri ulu hati. Namun melihat cerita yang Anda paparkan, nyeri ulu hati saat bangun tidur bisa saja keluhan Anda berkaitan dengan organ lambung, mengingat Anda memiliki riwayat sakit maag. Sakit maag dalam dunia medis disebut juga dengan dispepsia. Dispepsia dapat terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori. 

Perubahan pola hidup berperan penting dalam penyembuhan penyakit ini. Jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, makanan mengandung keju, coklat, makanan berlemak, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 

Ini hanya dugaan sementara saja, untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan tentunya bisa mendapatkan terapi yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar