Sukses

Nyeri di Ujung Jari- jari

11 Oct 2016, 11:00 WIB
Pria, 27 tahun.

Halo dokter, Usia sy sekarang 27 thn. Saya sudah menderita hal ini hampir 2 bulan. Keluhan sy awal mulanya adalah jari tangan saya gatal di jari tengah, manis, dan kelingking (tangan kiri) dan pada ruas ujung jarinya saja, dan membuat ujung jari menjadi sakit sekali kalau terbentur sesuatu atau memencet sesuatu seperti main gitar & piano, atau kegiatan yg membutuhkan bantuan jari mungkin mengangkat2 barang. dan gatal ini tidak setiap saat, ada saat2 tertentu gatal sekali. Tidak ada tanda2 benjolan, jari tampak normal sehingga saya kira ini bukan penyakit kulit, dan bukan sendi jari yg sakit. Berikut hasil cek kolesterol sy LDL: 156 HDL: 27 Trigliserida: 181 Total Kolesterol:202 Tekanan darah 120/80 Apakah ada hubungan dengan kolesterol saya? Sy bingung lalu sekitar 10 hari yang lalu pergi ke dokter syaraf, setelah menjelaskan keluhan sy didiagnosa CTS (carpal tunnel syndrome) yg biasa orang kantoran derita, dan jg mungkin peredaran darah kurang lancar. karena memang sy aktif sekali sehari bisa 10 jam an didepan laptop. Dokter syaraf memberikan 3 Jenis obat: - Lameson 4mg (10 tablet) - Ketesse 25mg (20 tablet) - Pletaal 50mg (20 tablet) Dengan dosis 2x sehari. Setelah mengkonsumsi obat tsb keluhan agak mereda, dan tidak gatal lagi. setelah 7 hari mengkonsumsi obat2an tersebut, sekarang sy merasa keluhannya timbul lagi di yaitu sakit di ujung jari tengah, manis, dan kelingking. yg kelingking paling parah yaitu di 3 ruas jarinya, sedangkan yg jari tengah dan manis hanya ujungnya saja. rasa sakit berdenyut seperti ditarik2, dan gatal sehingga jari kelingking saya bengkak. Tidak ada keluhan lain seperti demam, sakit kepala, dan lain2. hanya jari yg sakit, nyeri, dan gatal. walaupun tidak setiap saat tapi sangat mengganggu. Mungkinkah ini karena sy tidak lagi mengkonsumsi Lameson? karena hanya diresepkan 10 tablet saja dan sudah habis di hari ke 5. dan hari ke 6 sampe sekarang tidak konsumsi lameson lagi. setelah sy cek di gugel lameson itu utk anti inflamasi dan anti alergi. Sekarang saya bingung mau ke dokter mana lagi ya kira2 dok, dan kalo mesti diperiksa darah, apa yg mesti diperiksa. dan apa kira2 nama penyakit ini, karena udah tanya gugel pun sepertinya ga ada yg mengalami hal yg sama dgn sy. Mohon bantuannya. TerimaKasih

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Nyeri di ujung jari tangan yang Anda rasakan memang sangat mungkin disebabkan oleh proses peradangan. Salah satu yang mungkin mendasarinya adalah penggunaan jari- jari untuk mengetik dalam janga waktu yang panjang. Aktivitas ini dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome. Keluhannya umumnya akan berkurang dengan pemberian obat anti radang, sama seperti apa yang Anda alami.

Untuk mengatasi keluhan yang ada sekarang, ada baiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter saraf Anda yang pertama kali, agar dapat diketahui perkembangan kondisi fisik Anda. Anda juga dapat mendiskusikan kemungkinan menjalani fisioterapi untuk mempercepat pemulihan. Ke depannya, untuk mencegah keluhan tersebut datang kembali, Anda sebaiknya membatasi aktivitas mengetik Anda. Selama mengetik, berikan jeda setidaknya setiap 2 jam dengan melakukan gerakan peregangan jari, agar otot2 kembali rileks.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar