Sukses

Normalkah Bayi 7 Bulan belum Bisa Duduk Sendiri?

11 Oct 2016, 10:16 WIB
Wanita, 7 tahun.

Mengappa bayi saya usia 7 bulan setengah belum bisa duduk sendiri......tapi suatu misal bila di bantu di dudukin di sofa mau duduk untuk sendiri belum bisa dok...apa itu normal untuk perkambangaan nya dok....mohon di jawab? Dan satu lagi dokter ini udah 2 hari bila minum susu tidak mau ngisap dot nya ......bahkan tumpah 2 kanan kiri di mulut nya itu kenepa ya dok?anak ku udah makan pendamping dok? Trims sebelum nya saya ucapkan

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan grafik tumbuh kembang, pada usia tujuh bulan bayi diharapkan mulai dapat duduk tanpa sokongan, bertepuk tangan, dan lebih responsif dalam interaksi dengan orang lain. Bila memang bayi Anda belum bisa duduk sendiri, bagaimana dengan perkembangan lainnya?  Menginjak bulan ke sembilan kelak, bayi diharapkan mulai mencoba merangkak, mencengkeram benda dan kadang bisa merasa gelisah jika berada di tengah orang asing. Kendati demikian, perlu diingat bahwa perkembangan tiap- tiap anak berbeda- beda. Terus berikan stimulasi dengan memberikan mainan atau bersama membaca buku sembari memposisikan bayi di posisi duduk.

Ke depannya, jangan lupa juga untuk menstimulasi anak berbicara dan berkomunikasi secara aktif. Ajarilah anak untuk menyebut perkataan yang mudah seperti ‘mama’ dan ‘papa’ untuk merangsang kemahirannya bercakap. Bulan ke sepuluh, bayi mulai dapat berdiri, menyusun dan mengatur mainan. Bayi juga mulai dapat melambaikan tangan. Bayi juga mulai mengerti hubungan sebab akibat seperti, “Jika aku menangis, maka ibu akan datang”.

Untuk permasalahan tidak mau mengisap dot, apakah kemudiania lebih memilih untuk menyusu langsung pada Ibu? Jika iya, maka hal tersebut normal. Semakin besar, bayi akan semakin pintar. Ia mengerti bila ia tidak menyusu dari dot, ia akan diberi ASI langsung dari Ibu. Dengan demikian, selain mendapatkan ASI, ia juga akan mendapatkan rasa nyaman yang tidak ia dapatkan jika minum susu dari dot. Bila memang Ibu harus beraktivitas dan tidak mungkin menyusui langsung, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan susu dengan sendok. Beberapa bayi di usianya saat ini lebih tertarik aktivitas makan dan minum dengan sendok. Orang yang memberikan juga sebaiknya bukan Ibu. Bila Ibunya yang memberikan, anak akan cenderung menolak dan meminta untuk disusui langsung dari ibunya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar