Sukses

BPD

10 Oct 2016, 06:47 WIB
Wanita, 42 tahun.

Saya pernah psikotes ketika masih SMA dulu. Hasilnya IQ di atas rata-rata, jadi kalau sampai nilai pelajaran jelek atau tidak maksimal berarti termasuk underachiever. Selain itu dalam bidang literatur saya dinyatakan berbakat (gifted and talented) dan saya dianjurkan untuk menjadi pengarang cerita anak-anak atau penerjemah cerita-cerita asing. Sebetulnya saya harus masuk sekolah luar biasa untuk anak2 berbakat istimewa yang memiliki kebutuhan khusus, tapi masih belum ada di Indonesia. Tapi kenyataannya sampai sekarang saya belum mampu mewujudkan cita2 saya sepenuhnya, karena ketika saya kuliah S-2 tidak dibuka kelas khusus untuk mengembangkan bakat literatur saya dan sebetulnya saya agak salah masuk jurusan karena bakat saya sebenarnya adalah sastra murni, benar-benar berjiwa seniman atau sastrawan. Lantas bagaimanakah cara saya mengembangkan bakat minat saya itu agar saya bisa bekerja secara maksimal. Dalam sebuah organisasi gereja yang saya ikuti sekarang ini, teman2 saya mengatakan saya punya bakat menulis dan mereka menganjurkan saya untuk membuat buku. Perlukah saya membangun institusi pendidikan khusus untuk anak2 berbakat istimewa yang memiliki kebutuhan khusus agar orang2 yang seperti saya ini dapat berkembang secara maksimal? Dalam diagnosa psikiater yang sekarang ini saya adalah penderita BPD (Borderline Personality Disorder).

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. BPD atau Borderline Personality Disorder ini adalah suatu bentuk gangguan mental atau gangguan kepribadian  yang secara garis besar memiliki ciri-ciri ketidakstabilan keadaan jiwa, konsep diri serta perilaku. Keadaan ini mengacaukan hubungan si penderita dengan keluarga, pekerjaan, orang lain yang kenal denagn penderita serta identitas seseorang individu.

Penyebab umum adanya gangguan kepribadian ini biasanya karena trauma yang diterima saat usia masih sangat dini. Yang biasanya disebutkan bahwa penderita gangguan kepribadian ini adalah korban dari perilaku yang didapat di masa lalu. Siapapun bisa menderita gangguan ini. Tidak terbatas pada seorang seniman, artis ataupun ilmuwan.

Anda dikaruniai kelebihan bakat. Kami menyarankan anda untuk mengembangkan bakat anda dengan menulis buku sesuai dengan bidang dan keahlian anda. Untuk membangun suatu hal besar, mulailah dengan hal-hal kecil seperti mencoba mengarang buku terlebih dahulu. Seiring dengan waktu, kembangkanlah bakat dan kemampuan anda lebih luas lagi seperti membangun sekolah khusus dll sehingga kehadiran anda bermanfaat bagi orang banyak.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar