Sukses

Apa Itu Afek Tumpul

10 Oct 2016, 15:21 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, afek tumpul dan emotional numbness itu sama nggak ya? dan apa pengobatannya?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Afek adalah emosi atau perasaan yang dikemukakan penderita dan dapat diperiksa atau diamati orang lain. Afek adalah tanda obyektif yang ditemukan pada pemeriksaan status psikiatri.

Afek dapat dinyatakan dalam beberapa cara :

  • Dengan menyebutkan jenis emosi yang diutamakan dan dapat diamati : kemarahan, kesedihan, elasi dan lain-lain.
  • Dengan menyebutkan intensitas dan derajat emosi yang diekspresikan : datar, tumpul, sempit atau luas.

Afek disebut datar apabila tidak terdapat ekspresi perasaan, muka tidak berubah dan suara monoton. Pada afek tumpul, ekspresi perasaan sangat kurang. Emotional numbnes dapat diartikan seperti mati rasa. Afek sempit adalah keadaan dimana ekspresi perasaan berkurang tetapi tidak seberat afek tumpul. Sedangkan afek luas adalah menunjukkan keadaan normal dimana semua perasaan diekspresikan penuh. Dengan menyebut keserasiannya. Dianggap tidak serasi (in appropriate) apabila terdapat ketidak cocokan yang menyertai pikiran atau pembicaraan (tertawa pada waktu menceritakan bahwa semua orang sedang dalam ketakutan).

Saran kami jika anda memiliki afek yang tumpul, segeralah periksakan diri anda ke dokter psikiatri agar dapat digali kembali tanda dan gejala lainnya agar dapat tegak suatu diagosa nya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar