Sukses

Sulit BAK Pada Pria

10 Oct 2016, 15:31 WIB
Pria, 47 tahun.

Dok bapa saya punya keluhan, udah 2 hari tiap mau pipis seperti ada yang menghalangi. Awalnya, seperti mau pipis tapi seperti tersumbat. Itu bagusnya obat medis apa untuk pertolongan awal? Sebelumnya ada gejala Hernia waktu diperiksa terakhir kali, saya khawatir itu gejala prostat atau batu ginjal? Mohon informasinya Dok... Terima Kasih...

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah buang air kecil yang sering sulit. Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Bagaimana konsumsi cairan Anda? Apakah Anda termasuk banyak minum? Apakah urin disertai pasir atau darah? Adakah keluhan nyeri?

Masalah buang air kecil pada pria, dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Infeksi saluran kencing. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit. Jika terdapat riwayat hubungan seksual yang tidak aman, maka infeksi dapat disebabkan karena infeksi menular seksual.
  2. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.
  3. Pembesaran prostat jinak. Sulit untuk berkemih dan tidak lampias.
  4. Batu ginjal sampai batu di saluran kemih. Biasanya memberikan keluhan nyeri pada pinggang, pipis berpasir bahkan sampai darah dan sering mengejan.

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Terutama adalah pemeriksaan urin (urinalisis), tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pengecekan BNO/IVP atau USG. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah diketahui penyebab dari keluhan Anda, Anda dapat mendiskusikan dengan dokter Anda, pilihan penanganan yang paling sesuai. Jika Anda kurang minum juga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas buang air kecil Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar