Sukses

Gangguan pankreas
09 Oct 2016, 12:07 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok ayah saya mengalami gangguan pada pankreas nya dok,,jadi bagaimana ya dok cara menangani nya?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Salah satu gangguan pankreas yang sering terjadi adalah peradangan pankreas (pankreatitis). Pankreatitis merupakan peradangan yang terjadi di organ pankreas. Organ pankreas merupakan organ yang terletak di belakang lambung dan bersebelahan dengan usus halus. Pankreas merupakan organ yang sangat penting karena organ ini merupakan sumber produksi enzim-enzim penting untuk pencernaan. Oleh karena itu adanya masalah pada organ ini harus segera ditangani karena dapat berakibat kematian. Peradangan akut pankreas dapat disebabkan oleh banyak hal, namun paling sering disebabkan oleh batu dari kandung empedu, alkohol, beberapa jenis obat, dan infeksi. 

Gejala pankreatitis umumnya demam, mual hingga muntah, nyeri perut bagian atas yang dapat menjalar ke punggung (nyeri ini juga dapat timbul setelah makan atau dipicu oleh makanan yang mengandung lemak), dan jika berlangsung lama menyebabkan penurunan berat badan akibat gangguan penyerapan hasil pencernaan makanan.

Kami menyarankan anda mambawa ayah anda ke dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu karena dokter harus melakukan wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis pankreatitis. Dokter juga perlu melakukan pemeriksaan untuk menyingkirkan kemungkinan lain seperti kanker pankreas. Setelah menegakkan diagnosis, barulah dokter dapat memberikan terapi yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar