Sukses

Sisa ASI atau Infeksi Jamur?

09 Oct 2016, 11:56 WIB
Wanita, 25 tahun.

jamur asi pada bayi umur 2 bulan,bagaimana cara mengatasinya,dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya, selaput putih pada lidah bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Dua hal yang paling sering adalah sisa susu dan infeksi jamur. Berikut penjelasannya.

 Sisa susu yang bertumpuk dapat menyebabkan lidah berselaput putih. Anda dapat menggunakan sikat lidah untuk membersihkan lidah anak Anda. Sisa dari susu tersebut apabila terlalu banyak menumpuk dan tidak dibersihkan, akan menyebabkan mudahnya timbul jamur pada bayi / anak.

Lidah berselaput putih juga dapat disebabkan oleh jamur. Infeksi jamur dalam mulut disebabkan oleh jamur jenis candida albicans dan penyakitnya dikenal dengan nama Candidiasis. Beberapa obat-obatan dan masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan jamur Candida. Misalnya seseorang yang sering mengkonsumsi antibiotik kuat dan menyebabkan ketidakseimbangan flora normal, sehingga terjadi pertumbuhan jamur secara berlebihan. Tentu saja bila telah terjadi infeksi jamur dalam mulut pada anak merupakan suatu kondisi yang tidak boleh dibiarkan karena dapat merugikan kesehatannya dan selain harus dicaritahu penyebabnya juga harus diatasi. 

Untuk menentukan perawatan yang tepat, diperlukan penegakan diagnosa yang akurat. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk mengetahui tatalaksana yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar