Sukses

Alergi kulit pada anak kecil

09 Oct 2016, 11:40 WIB
Wanita, 3 tahun.

dokter anak saya alergi dibagian tangan dan kaki bintik2 kecil tapi tidak berair tapi gatal,dokter memberikan obat racikan anak saya tidak suka karna pahit mungkin ada obat alternatif lain

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus anak Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi anak  Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi anak Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi anak Anda dan menghindarinya.

Mohon maaf kami tidak dapat memberikan informasi mengenai obat karena dibutuhkan penegakan diagnosis terlebih dahulu oleh dokter melalui wawancara dan pemeriksaan sebelum pemberian obat. Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut dan lengkap, untuk memastikan apakah kondisi kulit anak Anda memang benar alergi dan juga untuk mengetahui apakah telah terjadi infeksi sekunder atau belum pada anak Anda. Dengan mengetahui diagnosa pasti, maka anak Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal segera.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar